“Thariqah Ba’alawiy sudah biasa mengamalkan di dalam kehidupan sehari-hari”.
Oleh: H. Derajat Asysyathari*
بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى مُحَمَّدٍ وَاٰلِهِ مَعَ التَّسْلِيْمِ وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ فِى تَحْصِيْلِ الْعِنَايَةِ الْعَآمَّةِ وَالْهِدَايَةِ التَّآمَّةِ، آمِيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ
Bismillãhirrahmãnirrahîm
Wasshalãtu wassalãmu ‘alã Muhammadin wa ãlihî ma’at taslîmi wabihî nasta’înu fî tahshîlil ‘inãyatil ‘ãmmati wal-hidãyatit tãmmah, ãmîn yã Rabbal ‘ãlamîn.
“Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad dan keluarganya, kepadaNya kami memohon pertolongan dalam mencapai inayahNya yang umum dan petunjukNya yang sempurna, ãmîn yã Rabbal ‘ãlamîn“.
Saudara-saudaraku yang dimuliakan Allah SWT, di bulan Ramadhan yang sangat mulia ini, semoga Allah memuliakan engkau dengan sebab kemuliaannya.
Di kurun waktu 1977-1980, alhamdulillah aku pernah menimba ilmu dari guru kami al-Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf Bukit Duri, yang setiap kali aku mencium tangannya selalu berdoa: “ya Allah muliakanlah kehidupanku sebagaimana Engkau memuliakan guruku ini”. Hanya do’a itu yang aku ingat ketika bertemu dengan beliau pada saat itu.
Dalam ceramah beliau pernah berkalam bahwa serahkanlah keyakinan kita kepada guru dengan berpasrah diri sebagaimana seorang bayi di tangan ibunya.
Dalam suatu pengajian Habib Ali Bin Abdurrahman Assegaf ini beliau mengijazahkan sebuah wirid yang beliau dapat ijazah langsung dari seorang Wali Allah, al-Habib Sholeh bin Muchsin al-Hamid Tanggul. Wirid yang dimaksud adalah Wirid Abu Bakar Sakran yang adalah seorang wali besar yang memiliki nasab yang bersambung langsung dengan Nabi Muhammad SAW. Ia mendapat gelar As-Sakran (mabuk) karena dikenal sebagai wali yang sangat cinta kepada Allah.
Menurut catatan, Abu Bakar merupakan keturunan Al-Ba’alawi yang mempunyai lima anak laki-laki yakni, Muhammad Al-Akbar, Hasan, Abdullah, Ali, dan Ahmad. Ia wafat di Tarim pada tahun 821 H dan Wirid Sakran menjadi salah satu peninggalannya yang terkenal.
Wirid Sakran merupakan tirakat bagi mereka yang ingin melindungi diri dan keluarga dari gangguan jin, setan dan niat buruk orang lain. Oleh karenanya, wirid ini boleh diamalkan untuk siapa saja.
Wirid ini bisa dijadikan sebagai doa dan dzikir harian terutama setelah menunaikan shalat subuh atau sebelum matahari terbit.
Adapun al-Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf mengijazahkan secara umum wirid tersebut sebagai berikut :
اَللّٰهُمَّ إِنِّيْ احْتَطْتُ بِدَرْبِ اللهِ ، طُوْلُهُ مَا شَآءَ اللهُ، قُفْلُهُ لَآ إِلٰهَ إِلَّا اللهُ، بَابُهُ مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهٖ وَسَلَّمَ، سَقْفُهُ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللّٰهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ،
أَحَاطَ بِنَا مِنْ ( بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ ۞ الْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ ۞ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيمِ ۞ مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ ۞ إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ ۞ اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ ۞ صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ، غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّآلِّينَ ۞ « الفاتحة » )،
سُوْرٌ، سُوْرٌ، سُوْرٌ، وَآيَةُ ( اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ اَلْحَيُّ الْقَيُّوْمُ ەۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗٓ اِلَّا بِاِذْنِهٖۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖٓ اِلَّا بِمَا شَاۤءَۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَۚ وَلَا يَـُٔوْدُهٗ حِفْظُهُمَاۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ ۞ « آية الكرسي » )،
بِنَا اسْتَدَارَتْ كَمَا اسْتَدَارَتِ الْمَلَآئِكَةُ بِمَدِيْنَةِ الرَّسُوْلِ، بِلَا خَنْدَقٍ وَلَا سُوْرٍ، مِنْ كُلِّ قَدَرٍ مَقْدُوْرٍ، وَحَذَرٍ مَحْذُوْرٍ، وَمِنْ جَمِيْعِ الشُّرُوْرِ،
تَتَرَّسْنَا بِاللّٰهِ ( ثَلَاثًا ) مِنْ عَدُوِّنَا وَعَدُوِّ اللهِ، مِنْ سَاقِ عَرْشِ اللهِ إِلَى قَاعِ أَرْضِ اللهِ، بِمِائَةِ أَلْفِ أَلْفِ أَلْفِ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللّٰهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ، صَنْعَتُهُ لَا تَنْقَطِعُ بِمِائَةِ أَلْفِ أَلْفِ أَلْفِ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللّٰهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ، عَزِيْمَتُهُ لَا تَنْشَقُّ بِمِائَةِ أَلْفِ أَلْفِ أَلْفِ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللّٰهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ،
اَللّٰهُمَّ إِنْ أَحَدٌ أَرَادَنِي بِسُوْءٍ مِنَ الْجِنِّ وَالْإِنْسِ وَالْوُحُوْشِ… وَغَيْرِهِمْ مِنْ سَآئِرِ الْمَخْلُوْقَاتِ… مِنْ بَشَرٍ أَوْ شَيْطَانٍ أَوْ سُلْطَانٍ أَوْ وَسْوَاسٍ، فَارْدُدْ نَظَرَهُمْ فِي انْتِكَاسٍ، وَقُلُوْبَهُمْ فِي وَسْوَاسٍ، وَأَيْدِيَهُمْ فِي إِفْلَاسٍ، وَأَوْبِقَهُمْ مِنَ الرِّجْلِ إِلَى الرَّأْسِ… لَا فِي سَهْلٍ يَقْطَعُ، وَلَا فِي جَبَلٍ يَطْلَعُ… بِمِائَةِ أَلْفِ أَلْفِ أَلْفِ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللّٰهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ، وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهٖ وَصَحْبِهٖ وَسَلَّمَ،
سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ، وَسَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ، وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ فِي كُلِّ لَحْظَةٍ أَبَدًا، عَدَدَ خَلْقِهِ، وَرِضَى نَفْسِهِ، وَزِنَةَ عَرْشِهِ، وَمِدَادَ كَلِمَاتِهِ .
Allãhumma innihtath-tu bidarbillãh, thûluhû mã syã’ Allãh, qufluhû lã ilãha illallãh, bãbuhû Muhammadur rasûlullãhi shallallãhu ‘alaihi wa ãlihî wa sallam, saqfuhû lã hawla wa lã quwwata illã billãhil ‘aliyyil ‘adzîm, ahãtha binã min,
Bismillãhir raḫmãnir raḫîm, al-ḫamdu lillãhi rabbil ‘ãlamîn, ar-raḫmãnir raḫîm, mãliki yaumiddîn, iyyãka na’budu wa iyyâka nasta’în, ihdinash shirãthal mustaqîm, shirãthal ladzîna an’amta ‘alaihim ghairil maghdhûbi ‘alaihim wa ladh-dhãllîn. [Alfatihah (1x)],
Sûrun, sûrun, sûrun, wa ãyatu [Allãhu lã ilãha illã huwal hayyul qayyûm, lã ta’khudzuhû sinatuw wa lã naum, lahû mã fis-samãwãti wa mã fil-ardli man dzal ladzî yasyfa’u ‘indahû illã bi idznih, ya’lamu mã baina aidîhim wa mã khalfahum wa lã yuhîthûna bisyai’im min ‘ilmihî illã bimã syã’, wasi’a kursiyyuhus samãwãti wal-ardha wa lã ya’ûduhû hifdzhuhumã wa huwal ‘aliyyul ‘adzhîm. [Ayat Kursiy (1x)],
Binastadãrat kamastadãratil malã’ikatu bimadînatir rasûli bilã khandaqin wa lã sûrin, min kulli qadarin maqdûrin, wa hadzarin mahdzûrin, wa min jamî’isy syurûr.
Tatarrasnã billãh (3x), min ‘aduwwinã wa ‘aduwwillãh, min sãqi ’arsyillãhi ilã qã’i ardhillãh, bimi‘ati alfi alfi alfi lã hawla wa lã quwwata illã billãhil ‘aliyyil ‘adzîm, shan’atuhu lã tanqathi’u bimi‘ati alfi alfi alfi lã hawla wa lã quwwata illã billãhil ‘aliyyil ‘adzîm, ‘Azîmatuhu lã tansyaqqu bimi‘ati alfi alfi alfi lã hawla wa lã quwwata illã billãhil ‘aliyyil ‘adzîm.
Allãhumma in ahadun arãdanî bisû’in minal jinni wal-insi wal-wuhûsyi…, wa ghairihim min sã’iril makhlûqãti…, min basyarin aw syaythãnin aw sulthãnin aw waswasin fardud nadzharahum fintikãsin wa qulûbahum fi waswãsin, wa aidiyahum fî iflãsin, wa aubiqahum minar rijli ilar ra’si. Lã fî sahlin yaqtha’u wa lã fî jabalin yathla’u, bimi‘ati alfi alfi alfi lã hawla wa lã quwwata illã billãhil ‘aliyyil ‘adzîm. wa shallallãhu ‘alã sayyidinã Muhammadin wa ’alã ãlihî wa sallam.
Subhãna rabbika rabbil ‘izzati ‘ammã yashifûn, wa salãmun ‘alal mursalîn, wal-hamdulillãhi rabbil ‘ãlamîn, fî kulli lahdzhatin ‘abada, ‘adada khalqihî wa ridhã nafsihî wa zinata ‘arsyihî wa midãda kalimãtih.
Artinya:
“Wahai Allah, aku berlindung dan membentengi diriku dengan pemeliharaan-Mu, yang panjangnya menurut kehendak-Mu (tiada terbatas panjangnya, sepanjang usia, makanan, minuman, ucapan, panca indra, perasaan dan lain-lain pada diriku), kuncinya adalah Lã ilãha illallãh, gerbangnya adalah Muhammad Rasulullah, atapnya adalah yang menaungi dari panas dan hujan, dan atap dalam doa ini yang dimaksud adalah takdir yang akan turun kepada ku, kupayungi dengan tiada daya dan upaya terkecuali dengan kekuatan Allah”, membentengiku dari….(surat Al Fatihah),
Terjagalah, terjagalah, terjagalah, demi ayat (ayatulkursiy). Kami memohon perlindungan sebagaimana para malaikat membentengi Madinah sang Nabi SAW, perlindungan yang tak membutuhkan parit dan dinding, dari segala ketentuan yang tak menguntungkan, ancaman yang mengancam, dan dari segala kejahatan, Kami berlindung kepada Allah, Kami berlindung kepada Allah, Kami berlindung kepada Allah, dari musuh-musuh kami dan musuh-musuh Allah, perlindungan yang segera turun langsung dari kaki Arsy Allah hingga hamparan Bumi Allah, dengan beratus ribu ribu ribu Lã haula wa lã quwwata illã billãhil ‘aliyyil ‘adzhîm,
Perbuatan-Nya tak akan terhalangi, dengan beratus ribu ribu ribu Lã haula wa lã quwwata illã billãhil ‘aliyyil ‘adzhîm, Penjagaan-Nya tak akan bisa ditembus, dengan beratus ribu ribu ribu Lã haula wa lã quwwata illã billãhil ‘aliyyil ‘adzhîm,
Wahai Allah jika ada seseorang yang menghendaki atasku kejahatan dari golongan jin, manusia dan binatang buas, dan dari segenap makhluk lainnya, dari golongan manusia, setan, penguasa, atau godaan ancaman lainnya. Maka, tolaklah pandangan mereka tertunduk, dan jiwa mereka dalam kerisauan, dan kedua tangan mereka dengan kesialan dan kerugian ketika akan mencelakakanku, Pendamkanlah mereka dari kaki hingga kepalanya dalam kelemahan dan kegagalan dalam mencelakakanku, di manapun mereka berada apakah di lembah yang sedang mereka lewati, atau di gunung yang sedang mereka daki, dengan beratus ribu ribu ribu Lã haula wa lã quwwata illã billãhil ‘aliyyil ‘adzhîm,
Maha suci Tuhanmu, Tuhan keagungan, dari segala yang mereka sifatkan, semoga salam tercurah kepada para rasul, segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam,”
Demikianlah, semoga atas berkah karamah dari guru-guru yang mulia maka Allah memberkahi kita, merahmati kita, melimpahkan rizki kepada kita serta melindungi kita dan keluarga dari niat jahat orang lain, ãmîn yã Rabbal ‘ãlamîn.
___________
* Ketua Pasulukan Loka Gandasasmita