Saturday , September 25 2021
Home / Ensiklopedia / Analisis / Manfaat Rebusan Daun Pepaya

Manfaat Rebusan Daun Pepaya

Sahabatku yang terkasih, kali ini kita akan berbagi tips & trik untuk menjaga kesehatan ala-Nusantara. Berhubung begitu melimpahnya kekayaan dan hasil bumi yang kita tinggali dan merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa ini.

Pohon pepaya adalah sebuah tanaman yang sangat mudah tumbuh di sekitar kita. Ternyata manfaat dari satu pohon tersebut sangat banyak, dari buahnya, bijinya, kulitnya, daunnya, dan batangnya.

Selain buahnya, bagian tanaman pepaya yang paling banyak dikonsumsi adalah daun pepaya. Jus daun pepaya adalah obat yang paling sering digunakan untuk meningkatkan jumlah trombosit. Namun, rutin minum air rebusan daun pepaya juga tidak kalah baiknya untuk tubuh.

Lantas apa manfaatnya? Ternyata banyak. Daun pepaya juga kaya akan antispasmodik untuk pencegahan kanker, penghilang rasa sakit.

Berikut ini manfaat lengkapnya rutin minum air rebusan daun pepaya:

1. Meredakan Kram Menstruasi

Manfaat daun pepaya untuk rahim wanita bisa dirasakan saat kram menstruasi datang. Kamu tinggal merebus satu lembar daun pepaya bersama garam dan asam jawa.

Setelah mendidih, diamkan hingga hangat dan minumlah. Manfaat meminum air rebusan daun pepaya saat hangat bisa membantu mempercepat reaksinya dalam perut hingga nyeri haid segera teratasi.

2. Anti-Kanker

Manfaat air rebusan daun pepaya yang pertama yaitu, sebagai anti-kanker. Terdapat kandungan bernama acetogenin dalam daun pepaya yang ampuh menangkal kanker.

Hal ini pun dibuktikan oleh studi di Jepang yang mendapati sel kanker bisa dimatikan saat seseorang minum ramuan daun pepaya secara rutin tiap hari.

Manfaat daun pepaya bagi wanita pun dipublikasikan oleh Journal of Ethnopharmacology yang menunjukkan daun pepaya sebagai obat herbal dan melindungi dari kanker payudara, atau serviks.

3. Menyembuhkan Tukak Lambung

Menurut hasil riset yang dipublikasikan The West Indian Medical Student, manfaat air rebusan daun pepaya mampu meningkatkan aktivitas glutation peroksidase.

Glutation peroksidase adalah salah satu jenis antioksidan penting yang bertugas menangkal radikal bebas.

Hasil studi mendapati obyek percobaan yang mengonsumsi daun pepaya menunjukkan kadar stres oksidatif yang lebih kecil sehingga meminimkan munculnya tukak pada lambung.

Selanjutnya, manfaat air rebusan daun pepaya bisa dirasakan oleh para ibu menyusui. Ada baiknya jika ibu yang sedang menyusui mengganti suplemennya dengan mengonsumsi daun pepaya untuk menambah kelancaran ASI-nya.

Ibu-ibu juga bisa mengonsumsinya dalam bentuk makanan rumahan agar rasa pahit dari daun pepaya tidak terlalu terasa.

5. Kulit Lebih Sehat

Kandungan vitamin A, E, dan C pada daun pepaya ternyata lebih tinggi daripada buahnya.

Hal ini menyebabkan daun pepaya bisa mengusir berbagai gangguan kulit seperti jerawat, kerutan, dan pigmentasi berlebih.

6. Mengatasi Penyakit Demam Berdarah

Manfaat perasan daun pepaya untuk kesehatan lainnya adalah meredakan penyakit demam berdarah. Zat aktif daun pepaya memiliki kandungan anti-malaria dan demam berdarah.

Cara membuat air rebusan daun pepaya untuk penderita demam berdarah hanya dengan merebus kurang lebih 5 lembar daun. Lalu dinginkan sebelum diminum.

7. Kurangi Risiko Diabetes

Manfaat air rebusan daun pepaya selanjutnya bermanfaat bagi penderita diabetes.

Daun pepaya mengandung enzim yang memengaruhi produk insulin dalam tubuh sehingga mampu menjaga kadar gula darah penderitanya.

Selain itu, antioksidan yang tinggi juga bisa menjaga kesehatan organ hati dan ginjal.

8. Mengatasi Uban Rambut

Sebuah penelitian juga mengungkapkan hasil mengagumkan tentang pepaya. Nam Dang, peneliti dari Universitas Florida mengungkap hasil temuan mengesankan terkait daun pepaya.

Dari hasil penelitan ditemukan ekstrak daun pepaya ampuh melawan kanker serviks, payudara, liver, paru, dan pankreas. Daun pepaya juga punya segudang manfaat untuk kulit kepala dan rambut.

Daun pepaya memiliki nutrisi yang baik untuk merawat kulit dan rambut. Kandungan kalsium, vitami A, B, C, D, E akan bekerja maksimal mengatasi masalah kulit dan uban.

Berikut cara menghilangkan uban dengan daun pepaya:

1. Aplikasikan langsung di bagian kepala Daun pepaya bisa diaplikasikan secara langsung. Metodenya dengan menyiapkan daun pepaya lalu dicuci bersih. Jika sudah, haluskan daun pepaya dan oleskan pada kulit kepala sebelum keramas.

2. Konsumsi ekstrak daun pepaya Untuk bisa merasakan manfaat daun pepaya, coba ambil ekstrak daun pepaya. Cara yang paling mudah yaitu dengan menyeduhnya sebagai teh daun pepaya sebagai perawatan dari dalam.

Source: Genpi.Co

About admin

Check Also

Cola dan Tiongkok Bawahan Sriwijaya

PEDAGANG dari Sriwijaya, Cola, dan Arab beramai-ramai mendatangi pelabuhan milik Dinasti Song di Tiongkok. Banyaknya ...