Saturday , July 24 2021
Home / Budaya / Gerakan Budaya / Manfaat Naturopati, Terapi Kesehatan Alami Secara Menyeluruh
Manfaat Naturopati, Terapi Kesehatan Alami Secara Menyeluruh. (Shutterstock/far)

Manfaat Naturopati, Terapi Kesehatan Alami Secara Menyeluruh

Menjaga kesehatan tidak hanya dilakukan untuk mencegah penyakit, tetapi juga upaya berlangsungnya keseimbangan di dalam hidup. Naturopati merupakan salah satu metode terapi alami yang berguna untuk keduanya.

Ahli Naturopati, Joshua S. Lie, ND, BHSc (CompMed) mengatakan, bahwa pengobatan naturopati memiliki skema menyembuhkan dari fisik (physical), perasaan (emotional), kejiwaan (mental), sosial dan spiritual. Proses penyembuhannya pun membutuhkan hasil tes laboraturium untuk mendapatkan rekomendasi-rekomendasi.

“Naturopati itu fondasi dasarnya adalah nutrisi dan sistem pencernaan. Jadi kalau nutrisi kita bagus ya berarti lebih sehat. Kalau sistem pencernaan kita bagus ya kita bisa makan dengan baik, menyerap makanan dengan baik, serta membuang dan mendetoks tubuh yang lebih sehat. Makanan itu sebagai fondasi yang kita analisa,” terangnya usai talk show bertajuk “Get To Know Your Body” di Conference Hall World Trade Center 3 (WTC 3), Jakarta Selatan, Jumat (17/1).

Menurutnya, ada beberapa makanan yang sangat direkomendasikan dalam terapi naturopati antara lain makanan dari tumbuh-tumbuhan (plant based diet), buah-buahan dan daging putih (white meat) seperti ayam atau ikan. Yang perlu dihindari adalah makanan yang menimbulkan peradangan (pro inflammatory) yakni goreng-gorengan (deep fried) dan daging merah (red meat).

“Perubahan pola makan itu tidak hanya bisa mengurangi penyakit-penyakit fisik ya misalnya peradangan atau autoimun. Naturopati juga bisa menangani stres dan depresi kita bisa tangani. Kita bisa mengubah pola makannya karena nutrisi berkaitan dengan kesehatan mental. Paling gampang vitamin D. Seringkali orang kekurangan vitamin D, padahal vitamin ini berfungsi untuk meningkatkan mood kita,” kata Joshua.

Meski begitu, Joshua tidak menampik, bahwa obat-obat kimiawi juga masih tetap dibutuhkan. Misalnya untuk mengobati adanya peradangan (inflamasi) atau kanker.

Reporter: Ryan Sara Pratiwi
Editor: Bernadetta Febriana

Source: Gatra.Com

About admin

Check Also

Apa yang Anda Ketahui Tentang Vaksin?

Vaksinasi massal mulai bergulir di berbagai negara untuk mengendalikan pandemi Covid-19. Informasi dan anjuran terkait ...