Saturday , June 12 2021
Home / Relaksasi / Renungan / Garwa Sigaring Nyawa (Seorang Istri Ibarat Belahan Jiwa)

Garwa Sigaring Nyawa (Seorang Istri Ibarat Belahan Jiwa)

Oleh : H. Derajat

Menyampaikan amanah berikut ini kepada istri kita adalah sebuah Sunah Nabi maka dari itu mari kita sosialisasikan nasehat berikut kepada istri kita.

Pada suatu kesempatan Rasulullah SAW menasehati istrinya yang tercinta Siti Aisyah ra dengan 4 nasehat beliau sbb :

Ya Ai’syah…. Janganlah Engkau tidur di malam hari sebelum engkau MENGKHATAMKAN AL-QUR’AN….

Ya Ai’syah…. Janganlah Engkau tidur di malam hari sebelum engkau MENDAPATKAN SYAFAAT DARI PARA RASUL DAN NABI….

Janganlah Engkau tidur di malam hari sebelum engkau MENDAPATKAN RIDHA’ DARI SELURUH KAUM MUSLIMIN….

Dan Janganlah Engkau tidur di malam hari sebelum engkau MENDAPATKAN PAHALA UMROH DAN HAJJI …..

Siti Ai’syah lalu bertanya Kepada Rasulullah SAW,

“Ya Rasulullah… Bagaimana caranya agar aku bisa mendapatkan empat fadhilah tersebut dalam satu malam ?”

“Bisa mengkhatamkan Al Qur’an, bisa mendapatkan syafa’at dari para Rasul dan Nabi, bisa mendapatkan ridha dari seluruh kaum muslimin dan bisa mendapatkan pahala Umrah dan Hajji ?”

Rasulullah SAW tersenyum lalu menjawab….

Ya Ai’syah…. Pertama, yang kumaksud dengan : Janganlah Engkau tidur di malam hari sebelum engkau MENGKHATAMKAN AL-QUR’AN adalah : Janganlah Engkau tidur di malam hari SEBELUM MEMBACA SURAH AL-IKHLAS TIGA KALI….

Karena bila engkau membaca Surah Al-Ikhlas 3 kali sebelum tidur, itu sama halnya engkau membaca seluruh Al-Qur’an.

Ya Ai’syah…. Kedua, yang kumaksud dengan : Janganlah Engkau tidur di malam hari sebelum engkau MENDAPATKAN SYAFA’AT DARI PARA RASUL DAN NABI adalah ; Janganlah Engkau tidur di malam hari SEBELUM MEMBACA SHALAWAT bukan hanya kepadaku tapi juga kepada para Nabi dan Rasul… “Allaahumma shalli ‘alaa Sayyidinaa Muhammadin… wa’alaa Saairil Ambiyaa-i wal Mursaliin, wa ‘alaa aalihim wa shahbihim ajma’iin” (artinya Ya Allah Sholawat dan Salam kepada Nabi Muhammad, dan kepada seluruh para Nabi dan Rasul, serta kepada keluarga-keluarga mereka dan sahabat-sahabat mereka).

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى سَآئِرِ الْأَنْبِيَآءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ وَعَلَى أٰلِهِمْ وَصَحْبِهِمْ أَجْمَعِيْن

Yang ketiga, janganlah Engkau tidur di malam hari sebelum engkau MENDAPATKAN RIDHA’ DARI SELURUH KAUM MUSLIMIN, adalah dengan cara memohon AMPUN kepada ALLAH atas segala dosa-dosamu dan dosa-dosa seluruh Kaum Muslimin. yaitu dengan senantiasa membaca ”Rabbighfirlii…wa liwaalidayya…wa liman haqqun alayya.. wa lijami’il muslimiin wal muslimaat… wal mu’miniina wal mu’minaat… al-ahyaa-i minhum wal amwaat…” (artinya Ya Tuhan kami ampuni aku, ampuni kedua orangtuaku dan siapa-siapa yang memiliki nasab keturunannya, dan kepada seluruh muslimin dan muslimat, dan mu’minin dan mu’minat… baik yang masih hidup maupun yang sudah mati)

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَلِمَنْ حَقٌّ عَلَيَّ وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ الْأَحْيَآءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِ

Yang keempat, janganlah Engkau tidur di malam hari sebelum engkau MENDAPATKAN PAHALA UMROH DAN HAJJI, yaitu dengan senantiasa membaca Tashbih, Tahmid, Tahlil, dan Takbir… “Subhanallaah.. wal hamdulillaah, Walaa ilaaha illallaahu Wallaahu Akbar” (artinya Maha Suci Allah… Segala Puji bagi Allah, Tiada sesembahan kecuali Allah, Allah yang Maha Besar).

سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ وَلآ إِلٰهَ إِلاَّ اللّٰهُ وَاللّٰهُ أَكْبَرُ

Mari kita cintai seluruh keluarga kita dengan mensosialisasikan nasehat ini kepada keluarga dan kerabat kita. Semoga Allah melindungi kita dari fitnah akhir zaman. Aamiin.

 

 

About admin

Check Also

Shalawat Kubra

Oleh: H. Derajat بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى مُحَمَّدٍ وَاٰلِهِ مَعَ التَّسْلِيْمِ وَبِهِ ...