Saturday , January 22 2022
Home / Agama / Kajian / Dan Kita Tak Kan Mungkin Bersih dari Perbuatan Keji dan Munkar

Dan Kita Tak Kan Mungkin Bersih dari Perbuatan Keji dan Munkar

Oleh: H. Derajat

وَلَوْلَا فَضْلُ اللّٰهِ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَتُهُۥ مَا زَكَىٰ مِنكُم مِّنْ أَحَدٍ أَبَدًا وَلَٰكِنَّ اللّٰهَ يُزَكِّى مَن يَشَآءُ ۗ وَاللّٰهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

Sekiranya tidaklah karena kurnia Allah dan rahmat-Nya kepada kamu sekalian, niscaya tidak seorangpun dari kamu bersih (dari perbuatan-perbuatan keji dan mungkar itu) selama-lamanya, tetapi Allah membersihkan siapa yang dikehendaki-Nya. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Marilah kita selalu memohon kepada Allah kekuatanNya agar kita bisa tercegah dari perbuatan keji dan munkar karena Dia lah Pemilik Sejati kalimat :

لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللّٰهِ

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepada sahabat ‘Abdullah bin Qois,

يَا عَبْدَ اللّٰهِ بْنَ قَيْسٍ قُلْ لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِااللّٰهِ فَإِنَّهَا كَنْزٌ مِنْ كُنُوزِ الْجَنَّةِ

“Wahai ‘Abdullah bin Qois, ucapkanlah ‘Laa hawla wa laa quwwata illa bil-laah’, karena ia adalah satu diantara simpanan-simpanan surga.” (HR. Bukhari)

Seorang sahabat Nabi, yaitu Ibnu Mas’ud radhiallahu ‘anhu, beliau berkata tentang makna “Laa hawla wa laa quwwata illa bil-laah”,

لاَ حَوْلَ عَنْ مَعْصِيَةِ اللّٰهِ إِلاَّ بِعِصْمَتِهِ، وَلاَ قُوَّةَ عَلَى طَاعَتِهِ إِلاَّ بِمَعُوْنَتِهِ

“Tidak ada daya untuk menghindarkan diri dari maksiat selain dengan perlindungan dari Allah. Tidak ada kekuatan untuk taat kepada Allah selain dengan pertolongan Allah.”

Karena cintaku padamu, ku sampaikan ini semua di masa orang banyak bersombong diri dengan  merasa sebagai orang soleh dan paling sempurna ibadahnya.

Ketahuilah sahabatku, kita tak akan mampu tercegah dari perbuatan keji dan munkar kecuali bila Dia (Allah) menghendakinya.

About admin

Check Also

Allah Mengancam Fir’aun Lewat Mimpinya

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى مُحَمَّدٍ وَاٰلِهِ مَعَ التَّسْلِيْمِ وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ فِى تَحْصِيْلِ ...