Home / Agama / Kajian / Allah SWT Menjagamu, Jika Kamu…

Allah SWT Menjagamu, Jika Kamu…

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى مُحَمَّدٍ وَاٰلِهِ مَعَ التَّسْلِيْمِ وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ فِى تَحْصِيْلِ الْعِنَايَةِ الْعَآمَّةِ وَالْهِدَايَةِ التَّآمَّةِ، آمِيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Bismillãhirrahmãnirrahîm
Wash-shalãtu was-salãmu ‘alã Muhammadin wa ãlihî ma’at taslîmi wa bihî nasta’înu fî tahshîlil ‘inãyatil ‘ãmmati wal-hidãyatit tãmmah, ãmîn yã Rabbal ‘ãlamîn.

“Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad dan keluarganya, kepadaNya kami memohon pertolongan dalam mencapai inayahNya yang umum dan petunjukNya yang sempurna, ãmîn yã Rabbal ‘ãlamîn“.

Saudaraku yang dikasihi Allah SWT. Allah ‘Azza wa Jalla berjanji kepada setiap orang yang senantiasa menjaga-Nya, maka Allah pun akan menjaganya. Hal ini sebagaimana ucapan Nabi shallallãhu ‘alaihi wa sallam kepada Ibnu ‘Abbas radhiyallãhu ‘anhumã:

احْفَظِ اللّٰهَ يَحْفَظْكَ

Jagalah Allah, niscaya Allah akan menjagamu.“ (H.R Tirmidzi)

Berkenaan dengan penjagaan Allah kepada para hamba-Nya, Syaikh ‘Abdurrazzaq bin Abdil Muhsin al-Badr hafidzahullãh memberikan penjelasan sebagai berikut :

Barangsiapa yang menjaga batasan-batasan Allah dan memenuhi hak-hak-Nya, maka Allah pasti akan senantiasa menjaganya karena sesungguhnya balasan akan setimpal dengan amalan. Penjagaan Allah bagi para hamba-Nya meliputi dua hal :

1. Penjagaan Dalam Urusan Dunia

Allah akan menjaga hamba tersebut dalam kebaikan urusan dunianya, seperti menjaga tubuhnya, anak-anaknya, keluarganya, dan kekayaannya. Allah ‘Azza wa Jalla berfirman :

لَهُ مُعَقِّبَاتٌ مِّن بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهِ يَحْفَظُونَهُ مِنْ أَمْرِ اللّٰهِ ۞

Bagi setiap manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah.“ (QS. Ar Ra’d : 11)

Ibnu ‘Abbas radhiyallãhu ‘anhumã berkata :

هُمُ الْمَلَآئِكَةُ يَحْفَظُوْنَهُ بِأَمْرِ اللّٰهِ، فَإِذَا جَآءَ الْقَدْرُ خَلَّوْا عَنْهُ

Mereka adalah para malaikat yang menjaga manusia dengan perintah Allah. Jika ada takdir yang akan menimpanya maka Malaikat ini akan menyingkir darinya.”

Sayyidina Ali bin Abi Thalib radhiyallãhu ‘anhu berkata :

إِنَّ مَعَ كُلِّ رَجُلٍ مَلَكَيْنِ يَحْفَظَانِهِ مِمَّا لَمْ يُقَدَّرْ فَإِذَا جَآءَ الْقَدْرُ خَلَّيَا بَيْنَهُ وَبَيْنَهُ، وَإِنَّ الْأَجَلَ جُنَّةٌ حَصِيْنَةٌ

Setiap orang disertai dua malaikat yang menjaganya dari segala sesuatu yang tidak ditakdirkan padanya. Jika datang takdir Allah padanya, maka keduanya meninggalkannya dan apa yang ditakdirkan tersebut. Sesungguhnya ajal merupakan perisai yang melindungi.

2. Penjagaan Dalam Perkara Agama

Bentuk kedua dari penjagaan Allah merupakan bentuk penjagaan yang paling mulia, yaitu penjagaan Allah dalam perkara agama dan imannya. Allah menjaga kehidupannya dari berbagai macam racun pemikiran sesat dan dari berbagai syahwat yang haram.

Allah akan menjaga agamanya ketika akhir hayatnya sehingga orang tersebut meninggal dalam keadaan beriman. Ini yang dimaksud dalam hadis Ibnu Mas’ud bahwa Nabi shallallãhu ‘alaihi wa sallam bersabda dalam doa beliau :

اللّٰهُمَّ احْفَظْنِيْ بِالْإِسْلْامِ قَآئِمًا، وَاحْفَظْنِيْ بِالْإِسْلَامِ قَاعِدًا، وَاحْفَظْنِيْ بِالْإِسْلَامِ رَاقِدًا، وَلَا تُشْمِتْ بِيْ عَدُوًّا حَاسِدًا ۞

Allãhumma ihfadzhnî bil-islãmi qãiman, wahfadzhnî bil-islãmi qã’idan,wahfadzhnî bil-islãmi rãqidan, wa lã tusymit bî ‘aduwwan hãsidan

Ya Allah jagalah aku dengan Islam ketika berdiri, ketika duduk, dan ketika berbaring. Jangan jadikan musuh dan orang yang hasad menguasai diriku.” (Diriwayatkan Al Hakim dalam mustadraknya)

Ãmîn yã Rabbal ‘ãlamîn

Sumber: Muslim.Or.Id
Alih bahasa: Adika Mianoki

About admin

Check Also

Misi Hidup

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى مُحَمَّدٍ وَاٰلِهِ مَعَ التَّسْلِيْمِ وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ فِى تَحْصِيْلِ ...