Saturday , September 25 2021
Home / Ensiklopedia / Analisis / 10 Tanaman Herbal yang Bisa Perkuat Imunitas Tubuh

10 Tanaman Herbal yang Bisa Perkuat Imunitas Tubuh

Data Terakhir Kasus (Senin, 18 Januari 2021)

Pandemi Covid-19 sudah berlangsung satu tahun, tetapi jumlah pasien yang terjangkit Covid-19 di Indonesia masih terus bertambah. Berdasarkan data Satuan Tugas Penanganan Covid-19 pada Senin (18/1/2021) pukul 12.00 WIB, ada penambahan 9.086 kasus baru Covid-19 dalam 24 jam terakhir.

Penambahan tersebut menyebabkan jumlah pasien yang terinfeksi Covid-19 di Indonesia kini mencapai 917.015 orang, terhitung sejak diumumkannya kasus perdana Covid-19 pada 2 Maret 2020. Informasi tersebut disampaikan oleh Satgas Covid-19 melalui data yang diterima wartawan pada Senin sore. Data juga bisa diakses melalui laman Covid19.go.id.

Data yang sama juga menunjukkan ada penambahan pasien sembuh dari Covid-19 sebanyak 9.475 orang dalam sehari. Mereka dinyatakan sembuh setelah mendapatkan hasil dua kali negatif dalam pemeriksaan laboratorium polymerase chain reaction (PCR). Sehingga, total pasien sembuh dari Covid-19 kini berjumlah 745.935 orang sejak awal pandemi.

Kendati demikian, jumlah pasien yang meninggal dunia akibat Covid-19 juga masih terus bertambah. Data juga menunjukkan ada penambahan 295 pasien Covid-19 yang tutup usia dalam 24 jam terakhir. Dengan demikian, angka kematian Covid-19 di Indonesia saat ini berjumlah 26.282 orang. Melihat data tersebut, saat ini tercatat ada 144.798 kasus aktif Covid-19.

Adapun kasus aktif adalah pasien yang masih terkonfirmasi positif dan masih menjalani perawatan di rumah sakit atau isolasi mandiri. Selain itu, pemerintah mencatat ada 77.579 orang yang berstatus suspek Covid-19.

Pemerintah mendapatkan 9.086 kasus baru Covid-19 setelah melakukan pemeriksaan terhadap 47.488 spesimen dalam sehari. Dalam waktu yang sama, tercatat ada 32.381 orang yang diambil sampelnya untuk menjalani pemeriksaan spesimen. Secara akumulasi, pemerintah sudah memeriksa 8.363.327 spesimen terhadap 5.587.809 orang yang diambil sampelnya. Dengan catatan, satu orang bisa menjalani pemeriksaan spesimen lebih dari satu kali.

Kasus Covid-19 saat ini sudah tercatat di semua provinsi di Indonesia, dari Aceh hingga Papua. Secara lebih terperinci, ada 510 kabupaten/kota dari 34 provinsi yang mencatat adanya pasien yang tertular virus corona. Ini berarti penularan virus corona sudah terdapat di lebih dari 99 persen wilayah Indonesia.

Herbal Alami untuk Meningkatkan Imunitas

Untuk menghindari virus corona covid-19, berbagai tindakan pencegahan telah dilakukan oleh masyarakat di Indonesia. Berbagai cara tradisional dipercaya dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan. Salah satunya adalah dengan mengolah tanaman herbal sebagai peningkat daya tahan tubuh.

Berikut adalah rangkuman dari beberapa tanaman herbal yang dapat memperkuat imunitas tubuh:

1. Daun Kelor

Tanaman herbal pertama yang dapat meningkatkan imunitas tubuh adalah daun kelor. Selain dikenal untuk menangkal kekuatan mistis oleh masyarakat Indonesia, daun kelor ini juga dikenal memiliki berbagai macam manfaat yang baik bagi tubuh.

Daun kelor berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena kandungan asam amino dan antioksidan yang ada di dalamnya. Tidak hanya itu, daun kelor juga berfungsi untuk memperbaiki segala kerusakan yang dapat disebabkan oleh virus corona covid-19.

Antioksidan dan kalori yang rendah pada daun kelor dipercaya sebagai penghambat perkembangan mikroorganisme atau patogen yang mengancam bagi tubuh.

2. Cabe Merah

Dikenal baik sebagai bumbu masakan, ternyata cabe merah juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Salah satunya yakni untuk meningkatkan sistem imun tubuh guna menangkal virus corona.

Cabe merah memiliki kandungan vitamin C dan zat besi sehingga menghasilkan kolagen untuk memperkuat sistem imunitas. Selain itu, cabe merah juga memiliki sifat antioksidan yang berfungsi sebagai pelindung dari bahaya radikal bebas.

Sistem pernapasan juga dapat diperkuat dengan kandungan askorbat pada cabe merah.

3. Jahe Merah

Jahe merupakan andalan masyarakat Indonesia untuk melegakan tenggorokan dan dapat membantu sistem pernapasan. Beberapa kandungan yang ada di dalamnya pun juga dipercaya dapat membantu memperkuat sistem imunitas untuk mencegah virus corona covid-19.

Kandungan senyawa aktif gingerol diklaim dapat melawan respiratory syncytial virus corona covid-19 yang dapat memperburuk kondisi orang yang terinfeksi.

Mengonsumsi jahe merah dapat diandalkan untuk mengurangi gejala virus corona covid-19 seperti batuk dan flu dengan sensasi hangat yang dapat dirasakan di tenggorokan.

4. Kencur

Kencur adalah salah satu tanaman herbal yang berguna untuk memperkuat sistem imunitas pada tubuh. Tidak jauh berbeda dengan jahe, fungsi kencur ini juga dapat membantu sistem pernapasan agar tetap bekerja dengan baik.

Dilansir pada Liputan6, kencur mampu meningkatkan sel-sel spleen dan peritoneal yang berfungsi untuk meningkatkan imunitas pada tubuh guna mencegah virus corona covid-19.

5. Temulawak

Sekilas, temulawak memiliki tampilan yang mirip dengan kunyit. Tidak hanya tampilannya, temulawak juga memiliki khasiat yang hampir sama dengan kunyit yakni berperan sebagai penangkal radikal bebas.

Dengan kandungan antioksidan yang tinggi, mengonsumsi tanaman herbal yang satu ini secara rutin dapat mencegah masuknya sumber penyakit seperti virus corona covid-19 ke dalam tubuh.

6. Kunyit

Dengan tampilan khasnya yang berwarna kuning, tanaman ini sering juga sering dijumpai sebagai pewarna makanan alami. Dengan tingginya kandungan antioksidan dan kurkumin pada kunyit, membuat tanaman herbal satu ini dapat menjadi andalan Anda untuk mencegah virus corona covid-19.

7. Buah Mengkudu

Tanaman herbal berikutnya yang berguna untuk meningkatkan imun adalah mengkudu. Dengan rasanya yang cukup getir, ternyata mengkudu ini justru memiliki kandungan vitamin C dan beta karoten yang dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Mengkudu juga memiliki kandungan scopoletin yang membuatnya berperan sebagai antibakteri, anti-inflamasi, dan antijamur yang berguna untuk menangkal patogen yang berbahaya.

Tanaman ini cocok untuk dikonsumsi untuk menangkal virus corona covid-19.

8. Jinten Hitam

Jinten hitam digolongkan sebagai rempah-rempah sekaligus tanaman herbal yang bermanfaat bagi tubuh. Memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi, jinten hitam dipercaya telah digunakan sejak ribuan tahun yang lalu di India, Pakistan, dan Timur Tengah untuk mengurangi peradangan tubuh.

Selain itu, sifat antioksidan juga bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh. Sehingga, tanaman ini cocok untuk diolah dan dikonsumsi di tengah pandemi virus corona covid-19.

9. Cengkeh

Cengkeh dipercaya sebagai tanaman herbal yang memiliki sejuta manfaat di dalamnya. Sering digunakan untuk pelengkap bumbu masakan, cengkeh ternyata juga memiliki khasiat untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Kuncup bunga yang terdapat pada cengkeh disinyalir terkandung senyawa yang dapat meningkatkan jumlah sel darah dan membersihkan racun yang dapat berbahaya bagi tubuh.

10. Daun Meniran

Tanaman herbal yang terakhir adalah daun meniran. Dengan bentuk daunnya yang kecil, tanaman ini sering dijumpai di daerah yang beriklim tropis dan subtropis.

Beberapa bagian seperti batang dan akar juga berguna sebagai obat herbal. Sebab, tanaman ini dipercaya memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi untuk melawan radikal bebas dan berguna untuk memperkuat imunitas tubuh untuk mencegah virus corona covid-19.

Sumber: Dari Berbagai Situs

About admin

Check Also

Cola dan Tiongkok Bawahan Sriwijaya

PEDAGANG dari Sriwijaya, Cola, dan Arab beramai-ramai mendatangi pelabuhan milik Dinasti Song di Tiongkok. Banyaknya ...