Monday , July 23 2018
Home / Budaya / Asal Usul / Nusantara sebagai Episentrum Kerajaan-Kerajaan Dunia

Nusantara sebagai Episentrum Kerajaan-Kerajaan Dunia

Tak banyak yang mau menelisik mengapa raja-raja di Nusantara itu secara umum bergelar Raja/Penguasa Bumi atau Semesta.

Mari kita perhatikan gelar-gelar yang pernah digunakan oleh para Sultan atau Raja Nusantara kita:

1. Ratu/Raja Mangku-RAT (Palembang)
2. Sultan Tangka Alam Bagagar (Pagaruyung)
3. Sultan Natadiningrat (Cirebon)
4. Sultan Zhilullah fil Alam (Bima)
5. Sultan Hamengkubuwana (Yogyakarta)
6. Lambung Hamengkurat (Banjar Kalimantan)

Dari hanya sedikit contoh gelar Sultan/Raja di Nusantara di atas jelas sekali terlihat adanya penggunaan kata “Rat”, “Buwana”, “Alam”, dimana kata itu artinya adalah semesta atau dunia.

Sementara kata Hamengku, Amangku, Pagar, Zhilullah, Tangka, bermakna pemimpin, penjaga, pengayom, pelindung dan penyeimbang. Dengan demikian, secara keseluruhan gelar Raja Nusantara itu bermakna seorang pemimpin, pengayom, pelindung alam, dunia, bumi atau semesta.

Raja-raja Nusantara yang bergelar pemimpin/pelindung dunia mengindikasikan bahwa centrum atau pusat nadi peradaban dunia itu adanya di Nusantara ini. Jika peradaban bangsa Nusantara hancur maka saya yakin peradaban dunia juga akan hancur.

Ketika raja-raja Nusantara itu sudah tidak eksis, maka dalam konteks masa kini seorang raja adalah seorang presiden yang kini sedang memimpin di tanah Nusantara baik itu pemimpin Indonesia, Malaysia, Brunei, Thailand, dan seluruh rumpun bangsa Nusantara Mahawangsa jika para pemimpin itu sudah hilang marwahnya maka hancurlah peradaban bangsa Nusantara ini.

Sulit saya menemukan gelar Raja-raja di dunia sebagaimana yang dimiliki oleh Raja-raja Nusantara ini. Lihat saja gelar Raja Belanda yang bergelar “Oranye Nassau” dan itu tidak memiliki kaitan dengan kata dunia demikian halnya Raja atau Ratu Inggris yang bergelar “Duke” yang juga tidak memiliki makna dunia.

Untuk itu berbanggalah menjadi bangsa Nusantara karena ia adalah centrum atau pusat raja-raja dan peradaban Dunia.

Note: mohon maaf bagi warga serumpun yang lain seperti Malaysia dan Brunei saya tidak memberikan contoh raja-raja yang ada di negara Anda karena keterbatasan waktu saya.

Contoh:

Bendera Kesultanan Aceh

 

Bendera Kesultanan Yogyakarta

 

 

About admin

Check Also

Islam dan Ego Kekuasaan (2)

Islam dan Perilaku Ummat Islam? Apa itu Islam? Pertanyaan ini cukup sulit bila ingin dijawab ...