Wednesday , September 26 2018
Home / Fashion / Health & Fitness / Manfaat Kunyit untuk Kecantikan Kulit Wajah

Manfaat Kunyit untuk Kecantikan Kulit Wajah

Kunyit atau Curcuma longa Linn adalah salah satu rempah-rempah yang sudah populer di Indonesia. Kunyit biasanya digunakan menjadi pewarna alami dari sebuah masakan. Selain untuk pewarna makanan, kunyit juga bisa digunakan untuk obat tradisional. Kandungan kurkuminoid inilah yang bisa membantu menyembuhkan penyakit seperti diare, muntaber bahkan alergi.

Manfaat Kunyit untuk Kulit Wajah

Kunyit juga mengandung antiseptik yang bisa digunakan untuk perawatan kulit. Apa sajakah fungsi kunyit yang bisa digunakan untuk merawat kulit?

  1. Menghaluskan Kulit

Kulit halus dan mulus adalah impian setiap wanita. Anda bisa menghaluskan kulit dengan menggunakan kunyit. Anda bisa memotong kunyit tipis-tipis. Setelah itu jemur hingga kering, pastikan tidak ada kandungan airnya lagi. Setelah kering anda bisa menghaluskannya. Kunyit yang sudah menjadi bubuk tadi dicampur dengan air lalu digunakan sebagai lulur. Setelah kering anda bisa mandi hingga bersih untuk merontokkan sisa-sisa kunir. Untuk hasil yang maksimal, anda bisa menambahkan santan kelapa. Gunakan perawatan ini seminggu sekali hingga kulit anda menjadi halus.

  1. Mengobati dan Mencegah Jerawat

Apakah jerawat sering timbul pada tubuh anda terutama wajah? Jika iya, ternyata anda bisa mengobati jerawat anda dengan kunyit. Anda bisa menggunakan kunyit untuk dijadikan masker. Cara membuat masker kunyit untuk jerawat ini juga cukup mudah. Ambil kunyit yang sudah dijadikan bubuk secukupnya. Setelah itu campur dengan air secukupnya tapi jangan terlalu encer. Setelah itu oleskan masker ini ke wajah anda hingga merata. Pakai masker ini kurang lebih 15 menit. Lalu bilas dengan air hingga bersih. Ingin hasil yang lebih maksimal? Anda bisa menambahkan sedikit madu. Masker ini juga cocok untuk mencegah jerawat.

  1. Mengurangi Keriputan

Selain untuk menghilangkan jerawat, kunyit juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah penuaan, yakni mengurangi kerutan pada wajah. Cara membuatnya juga hampir sama dengan cara membuat masker untuk wajah. Hanya saja untuk masker anti keriput, anda bisa mencampur dengan susu serta tepung beras. Oleskan pada permukaan wajah yang keriput dan sedikit pijat-pijat lembut wajah anda. Masker ini juga bisa mengurangi lingkar hitam pada mata anda. Gunakan secara teratur agar wajah anda menjadi lebih kencang dan keriput pun menghilang. Masker ini juga cocok untuk anda yang belum memiliki kerutan dan berharap kerutan tidak datang.

  1. Mengatasi ketombe dan mencegah kerontokan rambut

Bukan hanya berguna untuk kulit saja. Rempah-rempah yang satu ini juga berguna untuk mengatasi kepala yang gatal karena ketombe. Caranya mudah, buatlah pasta kunyit. Lalu oleskan pada kulit kepala anda dan usap-usap seperti saat anda keramas. Diamkan beberapa saat, lalu bilas dengan cara keramas menggunakan shampoo. Selain mengatasi ketombe, nutrisi yang terkandung dalam kunyit juga bisa mengatasi rambut rontok dan kulit kepala yang mengelupas karena ketombe.

  1. Menghaluskan tumit dan siku yang kasar

Apakah anda memiliki tumit yang pecah-pecah atau siku tangan yang kering? Jika benar anda bisa menggunakan kunyit untuk menghaluskan tumit dan melembabkan siku. Anda bisa mencoba masker kunyit khusus untuk tumit pecah dan siku kering. Caranya, campur bubuk kunyit dengan santan yang hangat dan jangan terlalu encer. Buatlah campuran kunyit dan santan yang kental seperti pasta. Setelah itu oleskan pada tumit dan siku. Jika anda tidak sempat membeli santan, anda bisa menggantinya dengan minyak kelapa atau baby oil. Lakukan ini minimal dua kali seminggu dan lihatlah perubahan yang terjadi.

Oke, itu dia beberapa manfaat kunyit untuk kecantikan dan perawatan kulit wajah Anda. Baca juga manfaat kunyit untuk kesehatan yang sebelumnya pernah kita bahas. Semoga bermanfaat.

Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan

Kunyit adalah tanaman herbal tradisional yang rimpangnya paling familiar diantara rimpang herbal yang lain. Tanaman ini bernama latin Curcuma domestica Val selain tanaman obat juga termasuk golongan rempah-rempah. Kunyit menyebar di wilayah Asia khususnya Asia Tenggara, bahkan kunyit sudah menyebar sampai ke Afrika. Umumnya bangsa-bangsa di Asia telah mengkonsumsi kunyit. Biasanya kunyit dikonsumsi dalam bentuk minuman atau jamu tradisional yang biasa di jual oleh ibu-ibu dengan sebutan jamu gendong.

Kunyit tumbuh subur di tanah yang gembur dan pengairannya cukup, dengan kisaran curah hujan 2.000 mm sampai 4.000 mm tiap tahun. Untuk menghasilkan rimpang kunyit yang besar-besar diperlukan tempat terbuka. Umumnya kunyit berwarna jingga, sampai kuning muda.

Tanaman ini memiliki banyak fungsi, ketika kecil saya sudah dikenalkan dengan manfaat kunyit. Kunyit biasa digunakan sebagai obat sakit perut. Umumnya ketika perut rasanya ada gangguan, pastilah dibuatkan jamu kunyit. Saya kira begitu juga dengan pembaca para umumnya, sudah dikenalkan akan manfaat kunyit sejak kecil. Khasiat kunyit yang familiar karena kunyit mengandung banyak senyawa kimia yang diperlukan badan.

Manfaaat Kunyit bagi Kesehatan Tubuh

Memperlancar ASI, kunyit dapat dimanfaatkan untuk memperlancar ASI. Caranya 1 rimpang kunyit dilumatkan sampai halus, kemudian dibalutkan disekitar payudara. Diulangi sebanyak 2 kali sehari sampai air susunya lancar.

Melancarkan Haid, kunyit dapat digunakan sebagai pelancar haid. Bagi wanita sangat dianjurkan mengkonsumsi kunyit ketika haid agar haid lancar. Cara mengolah kunir untuk memperlancar haid yaitu dengan menyiapkan 2 rimpang kunyit, setengah sendok the ketumbar, setengah sendok the biji pala, setengah genggam daun sri gading. Semua bahan yang telah disiapkan ditumbuk sampai halus, kemudian direbus dengan satu liter air sampai mendidih. Saring kemudian siap diminum. Lebih nikmat diminum dalam keadaan dingin. Diminum 1 gelas sehari.

Obat diabetes militus (kencing manis), untuk membuat ramuan kunyit yang difungsikan sebagai obat kencing manis cukup mudah. Caranya siapkan tiga rimpang kunyit+ setengah sendok garam . rebus bahan tersebut dengan satu liter air sampai mendidih. Kemudian saring dan didinginkan. Minumlah rebusan setengah gelas 2kali seminggu.

Untuk menambah darah( obat hipotensi/ darah rendah), untuk obat hipotensicaranya beberapa rimpang kunyit diparut, dicampur dengan air matang secukupnya. Kemudian dicampur gula enau, lalu disaring. Ditambah sedikit garam. Air kunyit siap diminum.

Obat disentri, kunyit dapat digunakan sebagai obat disentri. Caranya dengan menyiapkan 1 sampai 2 rimpang kunyit, gambir dan kapur sirih secukupnya. Semua bahan yang telah disiapkan direbus sampai mendidih dengan 2 gelas air. Sisakan 1 gelas. Diminum sampai sembuh.

Kandungan atau Senyawa Kimia dalam Kunyit

Dalam rimpang kunyit terkandung senyawa minyak atsiri sebanyak 6%. Minyak atsiri ini mengandung senyawa senyawa monoterpen dan sesquiterpen(meliputi zingiberen, alfa dan beta-turmerone), protein, fosfor, kalium, vitamin C dan besi. Mengandung zat warna kuning yang disebut kurkuminoid sebanyak 5% (meliputi monodesmetoksi kurkumin dan bidesmetoksi kurkumin, kurkumin 50 sampai 60%).

Ketiga senyawa kurkuminoid tersebut, yang merupakan komponen terbesar adalah kurkumin . tak jarang kadar total kurkuminoid dihitung sebagai % kurkumin, karena kandungan kurkumin paling besar dibanding komponen kurkuminoid lainnya. Karena alasanitu beberapa penelitian baik farmakologi maupun fitokimia lebih menekankan pada kurkumin.

Segudang manfaat rimpang kunyit, tidak hanya sebatas yang diulas di atas. Manfaat kunyit untuk kecantikan diantaranya sebagai masker wajah untuk menghilangkan jerawat dan memutihkan kulit serta menghaluskannya. Selamat mencoba khasiat rimpang kunyit.

About admin

Check Also

20 Manfaat Jahe Untuk Mendukung Kesehatan Tubuh, Program Diet, dan Kecantikan

Jahe menjadi tanaman herbal yang paling banyak digunakan sebagai bumbu masak, obat-obatan, dan afrodisiak alami. ...