Monday , May 28 2018
Home / Ensiklopedia / Kesehatan / Manfaat Jambu Air untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Jambu Air untuk Kesehatan dan Kecantikan

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas manfaat jambu air untuk kesehatan. Jambu air muda berwarna hijau jika sudah matang berwarna merah. Buah ini masih sekerabat dengan jambu, tapi jambu yang satu ini mengandung banyak air. Buah ini berasal dari Asia Tenggara. Pada umumnya, orang Indonesia banyak yang menanam jambu air di pekarangan rumah mereka, mungkin karena mudah ditanam dan dapat meneduhkan halaman rumah serta merawatnya yang tidak rumit.

Jambu air mengandung cukup banyak vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk tubuh kita. Jambu ini mudah untuk dimakan, anda tidak perlu ribet-ribet mengupas dulu kulitnya. Anda dapat langsung memakannya atau dibuat jus.

Jenis-jenis Jambu Air

Di Indonesia, jenis Jambu Air yang ada yaitu Jambu Madu, Jambu Air Citra, Jambu Jamaika dan Jambu King Rose. Jenis jambu yang paling manis yaitu jambu air madu dan jambu air citra. Dengan hanya menanam kedua jenis jambu air itu saja bisa menjadi lahan bisnis yang menguntungkan.

Namun, Ada beberapa jenis jambu air yang saya kenal dan pernah memakannya, entah apa itu namanya jika dilihat dari warnanya yaitu jambu air merah terang dan jambu air merah agak tua. Nah, dari kedua jenis jambu tersebut jambu air yang berwarna merah terang rasanya tidak terlalu manis dan jika kurang matang walaupun warnanya sudah merah rasanya agak hambar.

Jika jambu air yang warna merahnya agak ketuaan rasanya manis, saya suka jenis yang satu ini. Di pasar pun banyak dijual jambu air yang manis ini jika sudah musimnya. Namun, jika dilihat dari manfaatnya, saya pikir sama saja. Oleh karena itu, jika tujuan Anda ingin mendapatkan manfaat dari buah jambu air, ya makan saja jangan pedulikan rasanya, hehehe.

Nilai Nutrisi dari Jambu Air

Setelah diteliti oleh pakarnya, jambu air mengandung cukup banyak mineral dan vitamin. Diantaranya air, vitamin A, vitamin C, kalori, protein, kalsium, iron, magnesium, potasium, phosphorus, copper, citric acid, fiber, sodium, niacin, sulfuric acid, manganese, dan masih banyak lagi.

Untuk lebih spesifiknya, bisa dilihat pada tabel di bawah ini:

Kandungan Jambu Air

Selain dari daftar di atas, masih banyak mineral penting lainnya. Jadi, kita sekarang tidak ragu lagi setelah tahu akan mineral dan vitamin pada jambu biji air pastinya mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Mari kita lihat manfaatnya.

Jambu Air Merah dibelah
Jambu Air Merah dibelah

 

Manfaat Jambu Air

 

1. Mengendalikan Diabetes

Apa Anda atau orang di sekeliling Anda menderita diabetes? Dengan buah ini, Anda dapat mengontrol kadar gula darah atau dapat untuk pencegahan diabetes. Walaupun manis rasanya, tapi jambu air memiliki kandungan gula alami, jadi tidak akan merusak komposisi kadar gula darah dalam tubuh. Khususnya dikarenakan pada jambu air terkandung zat jambosine.

Apa itu jambosine? Ini semacam alkaloid yang berperan luar biasa khususnya bagi para penderita diabetes. Zat ini dapat mencegah dan mengontrol essence menjadi gula dalam darah. Ini merupakan kabar baik bagi para penderita diabetes, walaupun masih perlu dilakukan penelitian lebih jauh mengenai jambosine untuk mengontrol gula darah.

2. Menyehatkan Pencernaan

Terkadang pencernaan kita sering bermasalah seperti mengalami susah buang air besar, diare, atau yang lainnya. Jangan khawatir, dengan mengkonsumsi jambu air semua hal tersebut akan teratasi. Ini dikarenakan pada jambu air terkandung serat yang cukup tinggi sehingga dapat membantu melancarkan pencernaan Anda dengan segera. Manfaat ini sama halnya dengan manfaat jambu lainnya.

3. Mencegah kanker

Apakah kamu tau apa itu penyakit kanker? Penyakit yang mengerikan ini sampai sekarang tidak tau apa penyebab pastinya. Karena itu, dapat mengintai siapa saja. Bagi Anda yang suka makan jambu air janganlah khawatir, karena dengan kandungan zat yang terkandung dalam jambu air dapat mencegah kanker. Hal ini dikarenakan dalam jambu air kaya akan vitamin C dan vitamin A juga zat lainnya yang bermanfaat mencegah kanker. Bahkan, penelitian dan metode tradisional percaya bahwa kanker prostat dan kanker payudara dapat diminimalisir resikonya dengan jambu air sebagai menu diet harian.

4. Mengeluarkan Racun dalam Tubuh

Racun dalam tubuh dapat dengan efektif hilang dengan kandungan mineral dan vitamin yang ada dalam jambu air. Sebagian orang percaya bahwa dengan mengkonsumsi jambu air tiap hari dapat terhidar dari berbagai jenis penyakit karena terbebas dari racun dalam tubuh.

5. Menyehatkan Jantung

Di era sekarang ini, kolesterol mudah menghinggapi setiap orang. Kita tau kolesterol itu dapat merusak metabolisme jantung. Tapi jangan khawatir karena dengan jambu air dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan kandungan nutrisi dan serat pada jambu air secara menakjubkan dapat mengontrol jumlah kolesterol. Dari beberapa penelitian menunjukan bahwa jambu air dapat mencegah penyakit mematikan seperti serangan jantung, jantung koroner, dan stroke.

6. Menyehatkan Mata

Jika mata anda tidak bekerja dengan sempurna, bisa jadi Anda telah kekurangan vitamin A. Jika hal itu terjadi maka dapat segera disembuhkan dengan rutin makan jambu air. Berguna juga bagi Anda yang memiliki mata sehat karena akan membuat mata Anda jauh lebih sehat lagi. Hal ini tidak lain, dikarenakan kandungan vitamin A yang cukup tinggi pada jambu air.

7. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Pada jambu air mengandung sejumlah bahan aktif yang bersifat anti jamur dan anti-mikroba. Beberapa penelitian menyatakan bahwa jambu air dapat melindungi kulit dari infeksi dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari penyakit yang disebabkan oleh infeksi.

8. Menyehatkan Tulang

Pada 100 gram jambu air mengandung 29 mg kalsium. Kita semua tau bahwa kalsium itu sangat pentung bagi tulang. Dengan cukupnya kalsium maka tulang kita akan kuat dan jauh lebih sehat dibanding sebelumnya. Jadi, dengan mengkonsumsi jambu air tiap hari maka tulang Anda akan jauh lebih sehat dari sebelumnya.

9. Menangkal Radikal Bebas

Kita tau bahwa radikal bebas menyebabkan berbagai macam penyakti seperti penuaan dini, penyakit jantung, kanker kulit, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dalam jambu air mengandung vitamin C dan vitamin lainnya yang membentuk antioksidan. Nah, sifat antioksidan tersebut yang dapat menangkal radikal bebas dari dalam dan luar tubuh.

10. Mengatasi Dehidrasi

Apakah anda mudah lelah, letih, lesu? Apa urin Anda menjadi keruh? Apa mulut Anda menjadi lebih kering dari biasanya? Pastinya, disebabkan karena anda kurang minum dari standar cairan yang dibutuhkan tubuh. Jangan khawatir, makan saja jambu air. Dengan memakannya akan dengan cepat memulihkan kondisi dehidrasi ringan anda dengan cepat. Hal ini dikarenakan pada 100 gram jambu air terkandung 93 gram air.

11. Membersihkan Ginjal

Dalam jambu air mengandung begitu banyak mineral dan air yang dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh untuk menjalankan aktivitas keseharian Anda. Dengan begitu, jambu air dapat memperbaiki metabolisme ginjal dan membersihkan ginjal dengan sendirinya dan asam urin juga.

12. Perawatan Kulit dan Wajah

Selain untuk dimakan langsung atau dibuat jus, alangkah baiknya dibarengi dengan melakukan maskeran. Ini merupakan manfaat lain jambu air, yakni untuk kecantikan selain untuk kesehatan. Dengan melakukan perawatan secara rutin menggunakan jambu air yang dijadikan masker akan mencegah penuaan dini, mencegah keriput, dan kulit akan lebih sehat. Dalam jambu biji, pada setiap 100 gramnya mengandung 22.3 mg vitamin C dan mineral lainnya yang sangat bermanfaat untuk kecantikan kulit Anda. Dengan kandungan tersebut dipercaya jambu air mampu meregenerasi sel kulit mati. Sehingga kulit anda akan nampak bercahaya dan terlihat lebih muda dari biasanya. Apakah anda ingin membuktikannya?

13. Mengobati Sariawan

Sariawan disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya adalah kekurangan vitamin C dalam tubuh. Tapi apakah Anda ingat bahwa jambu air mengandung vitamin C? Ya, dalam setiap 100 gram jambu air mengandung 22,3 mg vitamin C. Cukup banyak bukan? Jadi, dengan memakannya secara teratur, Anda tidak akan memiliki sariawan lagi.

Jadi, itulah manfaat kesehatan dan kecantikan dari buah jambu air.  Selain buahnya, tahukah Anda bahwa biji, bunga dan pohon jambu air juga memiliki manfaat untuk kesehatan?

Manfaat Pohon Jambu air

Setelah kita membahas tentang buah jambu air, kita akan membahas tentang manfaat dari pohon jambu air. Diantara manfaat lain selain buahnya, ternyata biji, bunga, daun dan batang pohon jambu air juga memiliki manfaat.

Biji Jambu Air

Manfaat biji jambu air salah satunya adalah dapat menyembuhkan diare. Langkahnya adalah, keringkan biji selama 4 hari sampai benar-benar kering. Tumbuk sampai halus, lalu seduh dengan air panas, dan minumlah. Ini bisa membantu Anda menyembuhkan diare. Tapi bukan hanya diare, tapi juga bisa mengendalikan asma dan meredakan demam.

Bunga dan Buah Jambu Air
Bunga dan Buah Jambu Air

 

Daun dan Bunga Jambu Air

Bunga jambu air yang disatukan dengan daunnya bisa mengendalikan gatal akibat cacar. Dan bukan hanya itu, bunga yang memiliki aroma permen bisa mendinginkan demam juga.

Kulit Pohon Jambu Air

Manfaat Kulit kayu jambu air dapat membantu penderita bronkitis, asma, dan suara serak. Langkah-langkahnya mengeringkannya dan merebusnya dengan air, setelah dingin diminum.

Efek Samping

Selain mempunyai manfaat untuk kesehatan, jambu air juga mengandung sianida. Jadi, berhati-hatilah jika Anda ingin diet dengan buah ini atau untuk menyembuhkan penyakit. Sebaiknya Anda perlu berkonsultasi dengan dokter mengenai diet dengan cara ini atau mengobati sesuatu.

Jadi itulah tentang jambu air. Ada banyak manfaat jambu air untuk kesehatan. Jambu air adalah buah spesial dari tanah Asia dan mengandung banyak vitamin dan mineral untuk kesehatan.

Oleh: Admin, diambil dari berbagai sumber

About admin

Check Also

26 Manfaat Daging Kambing Bagi Kesehatan

Daging kambing, termasuk jenis daging merah yang paling sering dikonsumsi di dunia. Disamping memiliki rasa yang ...