Tuesday , June 25 2019
Home / Agama / Lambang Singa dan kaitannya dengan Yahudi

Lambang Singa dan kaitannya dengan Yahudi

Asal Usul

Singa adalah raja rimba dan raja di darat. Singa sangat identik untuk kekuatan, kegagahan dan kepemimpinan. Berbagai organisasi sering menggunakan singa sebagai simbol mereka. Namun, tahukah pembaca tentang asal usul simbol singa ini?

 

capture-20130510-085803
 Lion of Judah

 

Jikalau ada di antara pembaca masih belum tahu, maka di sini penulis ingin pembaca tahu dan faham asal usul simbol singa ini.

Dikisahkan bahwa simbol singa yang kebanyakan organisasi gunakan pada hari ini adalah berasal dari salah satu simbol suku Bani Israel yaitu suku Judah. Dalam bahasa Hebrew, ia dikenal dengan suku Yahuda.

 

 2

12 Suku Israel

Ia dimulai ketika Prophet Jacob (Nabi Yakub as) memuliakan anak keempatnya, yaitu Judah dengan gelar Gur Aryeh yang berarti Singa Muda. Ia bisa dilihat dalam kitab Old Tastament, Genesis 49:9

You are a lion ‘s cub, O Judah; you return from the prey, my son. Like a lion he crouches and lies down, like a lioness-who dares to Rouse him?

(Genesis 49:9)

Judah adalah anak Jacob melalui istrinya Leah. Ini tertera dalam kitab Old Tastement, Genesis 35:23

The sons of Leah: Reuben the firstborn of Jacob, Simeon, Levi, Judah, Issachar dan Zebulun.

(Genesis 35:23)

Melalui keturunan Judah, Bani Israel telah menguasai wilayah Palestina dan Kanaan dan menciptakan sebuah negara yang kuat yang dikenal dengan Raya of Judah. King Saul yaitu raja pertama Bani Israel adalah berasal dari suku Judah. Kemudian, King Saul diganti pula King David (Daud as), juga berasal dari suku Judah. Setelah wafatnya King David, King Solomon (Sulaiman) telah naik tahta. King Solomon adalah anak ke King David.

Bendera Raya of Judah pada saat itu tertera lambang singa. Singa itulah Lion of Judah. Ia banyak digunakan di seluruh wilayah yang dikuasai Bani Israel pada waktu itu.

Antara negara yang menggunakan simbol yang sama adalah Habasyah (sekarang dikenal Ethiopia). Diriwayatkan bahwa, anak ke King Solomon hasil pernikahannya dengan Ratu Sheba (Ratu Balqis) yaitu Menelik I telah berhijrah ke Habasyah dan membentuk sebuah negara di sana. Kini, negara Ethiopia telah menggantikan bendera lamanya yang menggunakan simbol Lion of Judah. Oleh itu, jika pembaca melihat bendera Ethiopia yang dulu, pembaca akan mengerti mengapa simbol singa diletakkan pada bendera negara ini.

 

22

Bendera Ethiopia

Pada masa ini, jata Juruselam yang telah dikuasai rezim Zionis terpampang pembaruan simbol Lion of Judah.

 222

Lambang Jerusalem tertera Lion of Judah

Simbol Singa menjadi simbol keagamaan dan politik

Simbol ini mengalami zaman evolusi. Jika dahulu, ia digunakan oleh Raya of Judah, namun sekarang, simbol Lion of Judah digunakan oleh berbagai pihak. Kelaziman yang terjadi adalah orang Yahudi sering menggunakannya untuk menunjukkan identitas bangsa mereka. Namun, ini tidak berarti hanya bangsa Yahudi saja menggunakannya. Antara organisasi lain yang menggunakan secara luas adalah Rastafari.

Rastafari

Rastafari sebenarnya adalah satu agama yang baru yang berasal dari Afrika. ‘Agama’ ini menggunakan simbol Lion of Judah yang dianggap mereka sebagai lambang pemimpin agung mereka, Haile Selassie I. Menurut kepercayaan mereka, Haile Selassie I memiliki jalur keturunan yang sampai ke King David dan King Solomon. Ironisnya, Haile Selassie I adalah Kristen Katholik yang taat. Ia juga menyangkal tuduhan golongan Rastafari yang mengklaim ia adalah jelmaan kembali Yesus.

222222222 Haile Selassie I bersama seekor singa yang digelar Lion of Judah

Iran ( Dahulu Persia)

Iran sebelum Revolusi Islam pernah menggunakan simbol Singa dan Matahari dari tahun 1429 sampai 1979. Simbol Singa dan Matahari ini dipengaruhi oleh budaya Persia, Arab, Turki, Mongol dan Yahudi. Ketika pemerintah Safavid dari dinasti Qajar, simbol singa dan matahari ini lebih identik dengan ajaran Syiah. Menurut kepercayaan mereka, simbol singa berarti Imam Ali (Ali bin Abi Thalib). Sedangkan simbol matahari di belakang singa berarti King Jamshid yaitu seorang raja yang sangat dihormati oleh masyarakat Persia selama hidupnya.

 222222

Bendera Iran lama

 

Simbol Yesus

Kristen percaya bahwa simbol Lion of Judah adalah merujuk kepada Yesus. Kristen berlandaskan satu petikan ayat di dalam kitab suci mereka, yaitu Bible melalui Book of Revelation 5:5

Then one of the elders said to me, “Do not weep! See, the Lion of the tribe of Judah, the Root of David, memiliki triumphed. He is able to open the scroll and its seven seals

(Book of Revelation 5:5)

Yesus terpercaya memiliki jalur keturunan dari King David, raja agung Bani Israel satu ketika dahulu. King David adalah keturunan suku Judah. Oleh sebab itu, hingga kini, banyak negara Kristen dan organisasi yang berlandaskan Kristen menggunakan simbol singa secara luas.

Antara negara yang menggunakan simbol singa adalah Skotlandia, England, Armenia, Estonia, Denmark, Belanda dan Finlandia.

Satu buku pada abad pertengahan yang populer di Eropa iaituMediaval Bestiary menguraikan tentang berbagai jenis hewan termasuk singa. Singa dalam buku tersebut menurut mereka memiliki sifat ‘ketuhanan‘ seperti selalu waspada dan tidak tidur. Sifat alami Singa selalu membuka mata meskipun ia sedang tidur mirip sifat ketuhanan yaitu selalu berjaga-jaga dan tidak default.

Simbol singa ini menjadi simbol bagi seorang hawari Yesus yaitu Mark the Evangelist. Tetapi simbol singa Mark the Evangelist berbeda dengan Lion of Judah karena singa Mark memiliki sayap.

 

 121212

Patung singa bersayap di Piazzetta, Venice mewakili Hawari Yesus, Mark

Lions Club

 

Sebuah organisasi yang didirikan oleh Malvin Jones di Amerika Serikat pada 1917. Terpercaya Malvin Jones adalah seorang Freemason. Lions Club didirikan untuk membuat amal dan mengutip derma. Organisasi ini telah tersebar ke seluruh dunia termasuk Malaysia. Dicatat Lions Club telah bertapak di Malaysia sejak 1959 lagi. Beberapa individu terkenal di tanah air sering menghadiri majelis anjuran organisasi ini.

capture-20130510-085901Banyak mempercayai Lions Club adalah salah satu cabang Freemason untuk mengelabui mata masyarakat. Selain Lions Club, ada beberapa badan organisasi yang terkait dengan Freemason yaitu Rosarians, the Rotary Club, Bilderberg Group, the Club of Rome, dan the Trilateral Commission. Freemason seperti diketahui adalah organisasi yang berakar dari Yahudi bertujuan untuk membangun kembali Kuil Haikal (Solomon ‘s Tample).

Kenapa organisasi ini dinamakan Lions Club? pikir-pikirkan.

 

 

 121212212Mengapa Rabbi yahudi, anggota Freemason dan Lions Club berada dalam satu acara?

Penutup

Apa yang pembaca harus sadar adalah setiap simbol yang berunsurkan singa harus memiliki kaitan erat denga Yahudi dan Kristen. Sebaiknya, kita harus berhati-hati apa yang terjadi di sekeliling kita. Jadilah orang yang selalu mau tahu dan ambil  tahu. Umat Islam selalu ditipu dengan dakyah-dakyah karut golongan Yahudi dan Nasrani. Mereka sebenarnya banyak mempengaruhi kita dalam setiap perlakuan harian. Jika Anda menonton film Hollywood misalnya, Anda harus akan sadar gambar di bawah ini bukan? Seekor singa mengaum. Tahukah Anda siapakah di balik singa mengaum ini? Mereka adalah pemilik Metro Goldwyn-Mayer yaitu Samuel Goldwyn dan Louis B. Mayer. Mereka berdua adalah keturunan Yahudi-Amerika.

 123

Silahkan perhatikan video berikut ini :

http://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=ViukmRniQbI#!

http://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=mISbeFUhvBw

 

sources : http://rianputra84.wordpress.com/

About admin

Check Also

Wacana Martabat Tujuh dalam Kesusasteraan Jawa-Islam (5)

“Seperti ungkapan Ibnu ‘Arabi, penyaksian Tuhan dalam diri seorang wanita adalah bentuk penyaksian paling sempurna. ...