Thursday , May 23 2019
Home / Fashion / Health & Fitness / Khasiat dan Manfaat Paku Tanduk Rusa (Simbar Menjangan)
Paku tanduk rusa (Paltycerium bifurcatum)

Khasiat dan Manfaat Paku Tanduk Rusa (Simbar Menjangan)

Tanduk Rusa (Paltycerium bifurcatum) adalah tanaman jenis paku-pakuan yang memiliki bentuk unik dan eksotis. Tak heran jika tanaman ini sering ditemukan atau dipelihara di pekarangan rumah sebagai tanaman hias karena pesona juntaian daunnya yang indah.

Sesuai namanya, tanaman ini memang memiliki penampilan mirip seperti tanduk rusa yang menjuntai ke bawah. Paku tanduk rusa atau juga di daerah jawa orang menyebutnya sebagai simbar menjangan ini, selain memiliki pesona sebagai tanaman hias ternyata juga telah lama dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan tradisional.

Daun tanduk rusa yang mengandung saponin, flavonoid dan polifenol ini memiliki khasiat sebagai bahan ramuan obat herbal.

Khasiat dan Manfaat Paku Tanduk Rusa

Daun tanduk rusa dapat kita manfaatkan sebagai obat herbal atau obat tradisional. Diantara khasiatnya yaitu untuk mengobati demam, abses, bisul, radang rahim luar, gondok, dan bisa juga untuk mengobati haid yang tidak teratur.

Resep Obat Tradisional Menggunakan Tanaman Paku Tanduk Rusa

Paku tanduk rusa (Paltycerium bifurcatum)

Berikut adalah beberapa resep obat tradisional menggunakan tanaman paku tanduk rusa (simbar menjangan).

Obat Bisul

Untuk mengobati bisul, campur selembar daun tanduk rusa dengan sedikit kapur sirih, lalu tumbuk halus. gunakan ramuan ini untuk mengompres bagian bisul.

Obat Abses

Abses yaitu suatu penimbunan nanah yang biasanya terjadi akibat adanya infeksi bakteri. Cara untuk mengobati abses yaitu dengan menumbuk sampai halus selembar daun tanduk rusa, satu siung bawang merah dan adas pulawaras secukupnya. Kemudian oleskan ramuan tersebut pada permukaan kulit yang mengalami abses.

Obat Menyuburkan Kandungan

Tanduk rusa juga bisa untuk menyuburkan kandungan. Caranya ambil 1/4 lembar daun simbar menjangan dan kunyit sebesar ibu jari , kemudian tumbuk halus. Masukkan ke dalam air matang 1/2 cangkir diperas kemudian disaring. Tambahkan asam kawak dan gula jawa secukupnya lalu minum.

Obat Radang Rahim luar

Untuk mengobati radang rahim luar, tumbuk sampai halus 2 hingga 5 lembar daun tanduk rusa dan minyak kayu putih secukupnya. Cara menggunakannya, yaitu tempelkan ramuan ini pada perut / rahim dan balut dengan kain stagen.

Obat Gondok

3 lembar daun simbar menjangan ditumbuk halus, diberi sedikit air dan garam. Oleskan ramuan ini disekeliling gondok.

Obat Demam

Selembar daun simbar menjangan ditumbuk halus, tambahkan sedikit garam, seduh dengan 1 cangkir air panas, lalu saring dan minum ramuan tersebut sehari 2 kali sehari, yaitu pagi dan sore.

Obat Haid tidak teratur

Untuk mengobati haid tidak teratur cukup mudah. Seduh 2 lembar daun tanduk rusa yang telah ditumbuk halus kedalam segelas air panas. Selanjutnya bisa diminum 4 atau 3 hari sebelum datang bulan (haid).

Itulah tadi diantara khasiat paku tanduk rusa sebagai obat tradisional. Mudah bukan?

Penyakit Kanker Ovarium Sembuh Total dengan Paku Tanduk Rusa

Paku tanduk rusa (Paltycerium bifurcatum)

Di atas telah dibahas mengenai khasiat dan manfaat paku tanduk rusa (simbar menjangan) sebagai bahan pengobatan tradisional. Beberapa diantara khasiat tanaman paku tanduk rusa tersebut rupanya sangat baik untuk kesehatan organ reproduksi wanita, yaitu untuk menyuburkan kandungan, sebagai obat radang rahim luar, dan obat haid tidak teratur.

Nah, berikut ini adalah satu lagi tambahan khasiat luar biasa tanaman tersebut berdasarkan share pengalaman pribadi dari Ibu Manik Indraprasti. Beliau sebelumnya mengidap kanker ovarium dan berhasil sembuh total setelah mencoba berobat herbal dengan menggunakan paku tanduk rusa (simbar menjangan).

_________________________________________________________

Salam,

Saya untuk sekarang ini tidak bisa membantu dengan materi, tapi saya punya salah satu resep obat alami yang bisa Anda coba. Resep ini adalah untuk obat kanker. Hasil pengalaman saya pribadi yang sekarang telah sembuh total dari kanker ovarium.

Bila Anda tahu :

  • Ambillah setangkai daun paku tanduk rusa atau yang biasa disebut simbar menjangan (satu tangkai itu besar).
  • Bersihkan daun dengan cara disikat lalu dicuci (tak perlu menggunakan sabun).
  • Keringkan sampai kering sekali
  • Kemudian dipotong kecil-kecil. (Bentuk akhir menyerupai daun teh pada umumnya)
  • Ambillah daun kering tersebut sejumput (seperti kita mengambil garam untuk masak),
  • Lalu seduh dengan segelas air panas ukuran sedang (250ml).
  • Biarkan hingga dingin lalu minum.
  • Satu kali pengambilan bisa untuk 2 kali minum.

Pengalaman saya, sewaktu kanker ovarium saya masih dianggap dini, saya minum ramuan paku tanduk rusa tersebut hanya 2 x sehari, pagi dan sore. Namun ternyata karena kondisi saya yang lemah, tumor itu tumbuh dengan sangat cepat hingga akhirnya saya divonis harus segera dioperasi.

Beruntung saya masih diberi kesempatan menunggu 2 hari untuk dioperasi sambil terus diobservasi. Selama menunggu saya meminum ramuan tersebut sesering mungkin (lebih dari 4 gelas sehari). Dua hari kemudian saat menjalani USG sebelum dioperasi, para dokter kebingungan, karena hasilnya bersih!! Begitu pula pada saat dilakukan pemeriksaan dalam tak ditemukan benjolan sedikitpun. Alhamdulillahhirobbil ‘alamiin! akhirnya saya tak jadi dioperasi tapi saya tetap diobservasi selama 4 hari kedepan, dan tetap harus mengonsumsi obat yang menghentikan produksi hormon esterogen. Dan hingga saat ini saya tidak lagi merasakan sakit yang berhubungan dengan kanker.

Sekian dari saya,
Semoga pengalaman saya ini bermanfaat juga bagi yang lain. Bagi para penderita kanker semoga Anda semua bisa sembuh.

Salam,

Manik Indraprasti

_________________________________________________________

Catatan:

Kanker ovarium adalah kanker yang tumbuh pada indung telur atau ovarium dan merupakan kelanjutan dari tumor malignan di ovarium. Tumor malignan sendiri adalah suatu bentuk perkembangan sel-sel yang tidak terkontrol sehingga berpotensi menjadi kanker. Kanker ini bisa berkembang dengan sangat cepat. Bahkan, dari stadium awal hingga stadium lanjut bisa terjadi hanya dalam tempo satu tahun saja.

Di Inggris, British Medical Journal dan Target Ovarium Center menjelaskan bahwa dibutuhkan waktu satu bulan untuk mengetahui penyakit ini setelah gejala muncul. Pengertian kanker ovarium sangat penting diketahui dan tidak bisa dilepaskan dari gejala-gejala yang berkaitan dengan penyakit ini. Terdapat beberapa gejala umum kanker ovarium yang dapat dengan mudah dikenali. Gejala umum tersebut perlu diketahui oleh para wanita agar tidak terlambat dalam penanganannya dan supaya peluang untuk sembuh lebih besar. Beberapa gejala umum kanker ovarium adalah sebagai berikut:

1. Sering marasakan nyeri di perut
2. Susah makan atau tidak nafsu makan
3. Sering merasa kekenyangan
4. Sering muntah dan buang air besar
5. Ukuran perut semakin besar
6. Kembung terus-menerus
7. Terjadi pendarahan pada vagina
8. Berat badan turun secara signifikan
9. Sering merasa lelah dan sakit kepala

Berikut tadi adalah gejala-gejala kanker ovarium yang perlu Anda waspadai. Jika Anda menjumpai gejala-gejala tersebut ada baiknya melakukan pemeriksaan lebih awal disamping juga mencoba ramuan paku tanduk rusa sebagaimana yang telah di jelaskan oleh ibu Manik diatas.

Semoga bermanfaat !

Source: Khasiatmanfaat.Com

 

 

About admin

Check Also

Masalah Kulit Mirip Jerawat Sirna karena Rajin Minum Kopi

Minum segelas kopi setiap hari ternyata bagus buat kulit. Kafein yang terkandung di dalamnya disebut ...