Sunday , December 17 2017
Home / Ensiklopedia / Politik / Kehancuran PKI Tahun 1965-1966

Kehancuran PKI Tahun 1965-1966

PKIPengantar

Makalah berusaha untuk  mencoba melihat peristiwa kehancuran PKI tahun 1965-1996 dalam perspektif perbandingan disertai dengan ilustrasi kasus Jawa Timur dan Bali. Selama ini terdapat pertanyaan-pertanyaan seperti: “Siapa aktor peristiwa 30 September 1965?” “Mengapa PKI begitu mudah dihancurkan?” “Apakah yang sebenarnya terjadi di pedesaan?” “Bagaimanakah kita menafsirkan peristiwa tersebut?” 

Jika dilihat dalam gambar besar sejarah maka kehancuran PKI  merupakan   suatu revolusi sosial yang gagal (a failed social revolution) yang mempunyai aspek  universal  dan khas. Revolusi sosial didefinisikan sebagai ”rapid, basic transformations of a society’s state and class structures, accompnied and in part carried through by class-based revolts form below “ (Theda Skocpol 1979:33). Dalam hal ini PKI dengan ideologi komunisme dan pola Peking sejak 1963 menghasilkan suasana revolusioner dan mengalami tentangan dari  pihak non-PKI.  Dalam dinamikanya terdapat peran berbagai faktor  seperti  pemimpin, militer  dan  agama serta faktor kesejarahan politik  yang  mewarnai  proses tersebut. Kehancuran PKI dilihat dari aspek sistemik untuk sebab jangka panjang (underlying cause) yaitu apakah masyarakat Indonesia memang mudah menerima pola komunisme yang ditawarkan PKI.

Selain itu diteliti pula penyebab jangka menengah yakni perubahan  pola PKI yang menjadi lebih agresif pada 1963. Penyebab langsung kehancuran PKI adalah tuduhan terhadap mereka bahwa mereka terlibat dalam peristiwa 30 September 1965.  Makalah (dan disertasi)  tidak meneliti untuk mengetahui  siapa aktor  dibalik peristiwa 30 September 1965.

Selanjutnya, baca artikel dalam format e-book di bawah ini :

 

Sumber : http://tniad.mil.id

 

About admin

Check Also

OBOR: Modus Invansi Senyap Ala Cina

Hari ini, republik tercinta masih terus digaduhkan oleh isu-isu hilir seperti sentimen anti Cina misalnya, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *