Tuesday , June 25 2019
Home / Berita / Hagel: Indonesia Penting Untuk Keseimbangan Kekuatan Amerika Serikat

Hagel: Indonesia Penting Untuk Keseimbangan Kekuatan Amerika Serikat

Hagel Indonesia Penting Untuk Keseimbangan Kekuatan Amerika SerikatMenteri Pertahanan Amerika Serikat Chuck Hagel mengunjungi Indonesia dan bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro. Pembicaraan berkisar kerjasama bilateral kedua negara dan keamanan di kawasan, Indonesia dikatakan Hagel penting untuk kekuatan AS

“Kerjasama dengan Indonesia sangat penting bagi AS. Kepemimpinan Indonesia di ASEAN dan organisasi lainnya menunjukkan kemajuan yang sangat mengesankan, dan AS terus melihat akan mendalamkan dan menguatkan persahabatan ini,” kata Hagel usai bertemu dengan Presiden SBY di Kantor Presiden, Senin (26/8).

Hagel memaparkan, salah satu alasan AS mendekati Indonesia adalah kebijakan dari Presiden AS Barack Obama menyebutkan prioritas hubungan kerjasama ke depannya adalah daerah Asia Pasifik. Hagel memastikan tidak pernah meninggalkan negara yang pernah menjalani hubungan kerjasama dengannya dan ingin menyeimbangkan kekuatan disana.

“Presiden Obama beberapa tahun lalu mengedepankan untuk penyeimbangan kekuatan AS di dunia, ini artinya fokus ke Asia Pasifik. Wilayah ini penting bagi masa depan AS, karena selama bertahun-tahun AS menjadi kekuatan disini,” jelas Hagel.

Penyeimbangan kekuatan itu diingatkan Hagel bukan hanya terkait keamanan dan peningkatan militer dan menjaga perdamaian. Hagel menyebut hubungan perdagangan dan ekonomi juga menjadi salah satu yang diinginkan AS.

“Meskipun peningkatan kekuatan militer penting dan penjagaan perdamaian penting, kami juga fokus ke hubungan diplomatik bagaimana meningkatkan hubungan perekonomian, seperti perdagangan, kebudayaan, dan pendidikan,” jelas Hagel.

Menhan Purnomo mengakui pertemuan Hagel dengan SBY membahas isu-isu regional dan internasional. “Tadi dengan presiden bapak menhan amerika diskusi mengenai masalah-masalah global, regional issues, kemudian bilateral relation Indonesia dengan AS,” sebut Purnomo.

Dalam pertemuan dengan Presiden SBY, Chuck Hagel didampingi oleh 11 anggota delegasi, diantaranya Asisten Sekretaris Pertahanan Mark W. Lippert.

Turut mendampingi Presiden dalam pertemuan ini Menko Polhukam Djoko Suyanto, Seskab Dipo Alam, Menhan Purnomo Yusgiantoro, dan Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono.

Kunjungan Hagel ke Jakarta merupakan bagian rangkaian kunjungannya ke negara-negara Asia Tenggara. Sebelum ke Indonesia, Hagel mengunjungi Malaysia, Hagel rencananya akan bertolak ke Brunei Darussalam dalam rangka menghadiri Pertemuan Tingkat Menteri Pertahanan Plus ASEAN.

Sumber: metrotvnews.com

About admin

Check Also

Bahaya di Balik Aturan Data Center Perusahaan Boleh di Luar Negeri

Kebijakan membolehkan data center ada di luar negeri mengancam keamanan data pribadi dan membuat ekonomi ...