Monday , December 10 2018
Home / Ensiklopedia / Ciri-Ciri Tubuh Kalau Seseorang Sedang Berbohong

Ciri-Ciri Tubuh Kalau Seseorang Sedang Berbohong

Ciri-Ciri Tubuh Kalau Seseorang Sedang BerbohongVemale.com – Tahukah Anda kalau ternyata berbohong itu bisa dideteksi dari gerakan tubuhnya?

Aha! Anda yang seringkali tertipu oleh teman, kekasih atau siapapun juga boleh berlega hati sekarang. Karena Anda bisa belajar mengamati kalau-kalau mereka sedang berbohong lagi pada Anda.

Menurut psikologi, ketika orang berbohong maka akan ada perubahan sikap dan gerak gerik tubuh yang bisa Anda amati langsung. Dikutip dari livestrong.com, inilah ciri-ciri yang ditunjukkan tubuh kalau seseorang sedang berbohong.

Gugup

Meskipun ia adalah seorang yang ahli dan biasa berbohong, ada sedikit kegugupan yang akan ditunjukkan. Amati dan cermati saja setiap kalimatnya. Lihat kedua matanya saat berbicara, sehingga ia akan kehilangan kontrol fisik dan menunjukkan kegugupan.

Ini akan ditandai pula dengan keringat yang mengucur di kepala, mata yang resah dan berusaha mengalihkan perhatian dari Anda, jemari yang diletakkan di sekitar mulut, dan kaki yang digoyang-goyang tak tenang.

Ekspresi muka

Perhatikan dengan baik-baik wajahnya ketika berbicara. The Career Builder telah melakukan penelitian atas hal ini. Mereka menemukan, orang yang sedang berbohong seringkali muncul dengan wajah nyaris tanpa ekspresi.

Bagian mata akan sedikit lebih kelihatan menurun, seperti sedang bersedih. Ada sudut aneh di ujung bibir ketika ia berusaha tersenyum.

Bahasa tubuh

Ketika berbohong, tanpa disadari bahu akan terangkat serta siku masuk ke tubuh bagian dalam. Istilah yang tepat untuk menggambarkan hal ini adalah tubuh bak sedang mengkerut. Ciri lain ditunjukkan dengan tangan yang menyilang, atau kaki menyilang serta berusaha menjauh.

Kontak mata

Memang benar, mata adalah jendela hati. Sehingga ketika seseorang sedang berbohong, maka mata menunjukkan kebohongannya. Mata seringkali tidak jelas arahnya, berputar-putar mencari-cari dan tidak tenang.

Bila mengarah ke kiri atau ke kanan, tandanya ia sedang memikirkan masa lalu dan mencari-cari sesuatu di masa lalu yang bia ia pakai sebagai bahan cerita.

Coba Anda praktekkan pada orang-orang di sekitar Anda dan ketahui, siapa saja yang ternyata gemar berbicara tidak sejujurnya.

10 tanda wanita berdusta

Banyak cara untuk mengetahui apakah pasangan pria berbohong. Namun, jangan salah, saat Anda berbohong tandanya juga bisa dideteksi pria. John DeVore, penulis ‘Mind of Man’ menuturkan sebenarnya lebih mudah mendeteksi kebohongan pada wanita, asal tahu tanda-tandanya. Berikut beberapa sinyal kebohongan yang dapat diperhatikan dari gerak-gerik kaum hawa seperti dikutip dari Your Tango.

1. Bahasa tubuh menggoda
Saat seorang wanita ingin mengalihkan perhatian dari sesuatu, ia akan berubah menjadi lebih seksi dan menggoda pasangan. Tujuannya agar pasangan pria lupa.

Ciri-Ciri Tubuh Kalau Seseorang Sedang Berbohong2

2. Kejutan tidak menyenangkan
Jika tidak merasa menyukai hadiah atau melakukan sesuatu yang buruk, wanita akan mengganti rasa bersalahnya dengan sebuah kejutan. Memberi hadiah atau bunga tanpa alasan bisa menjadi barometer ada sesuatu yang ia sembunyikan.

3. Tanggapan berbeda
Apakah Anda menanggapi pertanyaan dan keingintahuan pasangan dengan santai atau sebaliknya? Penjelasan yang terbata-bata atau emosional tanpa sebab bisa menjadi tanda-tanda Anda sedang berkelit.

4. Bahasa terlalu formal
Anda menyatakan alasan kepada kekasih hampir seperti pada orang yang tak dikenal. Hati-hati, si dia bisa merasa pernyataan Anda seperti pidato yang telah dipersiapkan dan sangat berhati-hati.

5. Menunjukkan sikap bermusuhan
Anda yang langsung emosi dan marah saat ditanya mengenai sesuatu menunjukkan sikap defensif. Jika benar-benar peduli, Anda akan menghapus semua tuduhan itu dengan menjawab pertanyaan apa adanya.

6. Bahasa tubuh
Gelisah, menghindari kontak mata dengan pasangan dan gerakan berulang-ulang adalah pertanda buruk wanita menyembunyikan sesuatu.

7. Selalu berbohong
Biasanya wanita hampir selalu berbohong kepada orang lain untuk kepentingannya sendiri. Jadi, bukan tidak mungkin pasangan juga menjadi salah seorang korban karakternya yang berkompromi terhadap kebohongan.

8. Menghilangkan detil cerita
Wanita bercerita panjang lebar namun tidak menyertakan detil-detilnya. Seringkali dengan bahasa tubuh yang gugup.

9. Mengaku tak pernah memikirkan mantan
Dengan tegas wanita menolak ia masih mengingat mantan kekasihnya. Bisa jadi wanita tengah berbohong. Setiap wanita pasti pernah mengenang kehilangan cinta, meskipun hubungan yang sedang dijalani baik-bak saja.

10. Pria perlu dengarkan kata hati
Pria perlu mendengarkan naluri bila berpikir ada sesuatu yang mencurigakan. Lebih baik tanyakan pada wanita untuk menghindari paranoia. Namun, jika pria masih merasa sesuatu tidak beres setelah mendengar penjelasan dari pihak wanita, kemungkinan besar memang ada sesuatu yang terjadi.

About admin

Check Also

Terlalu Banyak Akun Media Sosial Bisa Picu Depresi

Coba cek, berapa banyak situs media sosial yang Anda miliki di ponsel Anda. Apakah Anda hanya ...