Thursday , August 22 2019
Home / Agama / Kajian / Berlarilah Kepada Allah, Fitnah Zaman Telah Mencekik Engkau Wahai Sahabat

Berlarilah Kepada Allah, Fitnah Zaman Telah Mencekik Engkau Wahai Sahabat

Oleh : H. Derajat

Sahabatku, sungguh saat ini kita sedang berada pada kegusaran yang sangat dahsyat. Yaitu terjauhnya kita dari nikmatnya mengenal Allah. Sangat sedikit para kaum cerdik pandai dari semua kalangan mengajak kita untuk mengenal Dia Yang Maha Pengasih. Kita hanya disuguhkan pada program-program yang katanya bisa mensejahterakan dan membahagiakan kita.

Sesungguhnya tiadalah kita dapat mengenyam kebahagiaan tanpa bisa merasakan terlebih dahulu rasa sayang Allah pada kita. Akhirnya aku mengajak mu wahai sahabat untuk kembali mengutamakan zikir di samping engkau berusaha mencari nafkah bagi kehidupanmu. Semoga Allah meridloi kita semua. Aamiin.

MANFAAT BESAR AYAT KURSIY

Ayat kursi merupakan ayat yang paling agung dalam Al-Qur’an

Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam berikut :

عن أُبي هو ابن كعب أن النبي – صلى الله عليه وسلم – سأله أي آية في كتاب الله أعظم قال: الله ورسوله أعلم فرددها مرارا ثم قال: آية الكرسي قال” ليهنك العلم أبا المنذر والذي نفسي بيده إن لها لسانا وشفتين تقدس الملك عند ساق العرش   (وقد رواه مسلم .. وليس عنده زيادة والذي نفسي بيده إلخ)

Artinya: “Dari Ubay yaitu bin Ka’ab, sesungguhnya Nabi sallallahu’alaihi wa sallam bertanya kepadanya tentang ayat apakah yang paling agung dalam Kitabullah, beliau menjawab, “Allah dan Rasul-Nya yang lebih mengetahui.” Beliau ulang pertanyaannya beberapa kali. Kemudian dia menjawab, “Ayat kursi.” Maka beliau mengatakan, “Selamat bagi anda wahai Abu Mundzir dengan ilmu anda. Demi yang jiwaku yang ada di tangan-Nya. Sesungguhnya (ayat Kursi) mempunyai mulut dan dua bibir yang disucikan para Malaikat di kaki Arsy.” (HR. Muslim)

Dari Abu Dzar Radhiallahu Anhu, bahwasannya ia pernah bertanya kepada Rasulullah “Wahai Rasulullah, (ayat) apakah yang paling agung yang diturunkan kepada anda?” Beliau menjawab, “Ayat kursi ‘Allahu lailaha illa huwal hayyul Qayyum.” (HR. An-Nasai)

Dan keagungan yang dimiliki ayat Kursi adalah melebihi langit dan bumi.

Ayat Kursi merupakan ayat yang paling diberkahi

Sebagaimana sabda Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam:

“Ayat kursi merupakan ayat yang diberkahi, tidak ada yang membukakan kesulitan, menyingkirkan bencana dan menghilangkan kesedihan lebih cepat daripada ayat kursi.“ (HR. Imam Abu hamid Bin Muhammad Al-Gozhali).

Ayat kursi merupakan penghulu Al-Qur’an

Sebagaimana sabda Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam:

“Segala sesuatu pasti ada yang lebih unggul dan lebih tinggi. Sesungguhnya yang lebih unggul dan lebih tinggi dari Al-Quran adalah Surat Al-Baqarah. Dan di dalam Surat Al-Baqarah ada ayat yaitu Penghulu Ayat-Ayat Al-Quran, dialah Ayat Kursi.”

Ayat kursi merupakan ayat yang paling utama dan mulia

Dimana ayat tersebut memiliki isi dan kandungan yang sangat mengagumkan yang ditunjukan dengan diturunkannya ayat kursi dengan pengawalan beribu-ribu malaikat. Dan ketika seseorang membaca ayat tersebut, maka para malaikat akan datang mendengarkan dan memberikan hormat kepadanya.

Dari Rabiah bin Harits berkata Rasulullah saw ditanya:

”Wahai Rasul surat Al-Quran mana yang paling utama ? Rasulullah saw menjawab ” Surat yang di dalamnya disebut Al-Baqarah. Beliau ditanya lagi” Ayat mana dari Surat Al-Baqarah yang paling utama ? Rasulullah saw menjawab ”Ayat Kursi dan akhir surat Al-Baqarah yang turun langsung dari bawah Arsy”

Ayat kursi merupakan ayat pembuka bagi segala kesusahan

Dimana ketika Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam tidak pernah berhenti berdzikir dengan ayat kursi, maka banyak kemenangan yang telah dicapai dalam peperangan serta telah banyak sekali pintu-pintu kemudahan telah dibukakan oleh Allah SWT bagi Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam.

Rasulullah pernah bersabda

“barangsiapa yang belajar Ayat Kursi dan tahu hak-haknya Allah akan membuka 8 pintu syurga untuknya, masuk pintu yang mana saja dipersilahkan “

Dalam tauhid Uluhiyah, Ubudiyah dan Rububiyah, ayat kursi merupakan ayat untuk menyucikan Allah, dan bagi mereka yang mengamalkannya, maka Allah akan mensucikan mereka.

Rosulullah Sholallahu Alaihi Wassalam pernah bersabda:

“Demi Zat yang jiwaku ada dalam genggaman-Nya sesungguhnya Ayat Kursi ini mempunyai 1 lidah dan 2 bibir. Para malaikat yang menjaga Arsy senantiasa menyucikannya “. ( H.R. At-Tirmidzi )

Mereka yang gemar membaca ayat kursi sama artinya dengan memperdalam ilmu tauhid.

Mengapa? Karena di dalam ayat tersebut terdapat kalimat tauhid “Laa Ilaaha Illaa Huwa.” Orang-orang yang memiliki tauhid yang baik, maka baginya adalah jaminan masuk surga”.

Sabda Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam

“Sesungguhnya Allah berfirman ” Kaliamat laa ilaaha illallah adalah perlindungan-Ku, barangsiapa yang masuk dalam perlindungan-Ku dia akan selamat dari siksa-Ku”

Menghapus keburukan

Dengan mengamalkan ayat kursi, maka segala macam keburukan akan terhapus, dan para malaikat akan diutus Allah SWT untuk mencatat segala bentuk kebaikannya serta menghapus semua keburukannya hingga keesokan harinya.

Mereka yang membaca ayat kursi akan dapat membentengi dirinya sendiri

Sebagaimana sabda Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam bahwasannya Allah SWT telah berfirman

“‘Laa ilaaha illallah adalah benteng-Ku. Barangsiapa yang membacanya, dia masuk kedalam benteng-Ku. Dan barangsiapa yang masuk dalam benteng-Ku maka dia akan aman dari siksa-Ku”.

Penuh dengan karomah

Allah SWT juga akan melimpahkan karomah bagi mereka yang membaca ayat kursi, yang dengan karomah tersebut maka akan terangkat derajatnya dan banyak orang yang akan mengaguminya.

Demikianlah sebagian manfaat dari pembacaan ayat kursi secara rutin, yakinlah dengan mendawamkan pembacaan ayat kursi kebahagiaan, kemenangan, dan pencapaian tujuanmu akan terlaksana. Namun yang lebih penting engkau akan bertemu dengan Allah dimanapun engkau berada. Aamiin.

Berikut ayat Kursi :

بِسۡمِ ٱللهِ ٱلرَّحۡمَـٰنِ ٱلرَّحِيمِ
ٱللَّهُ لَآ إِلَـٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلۡحَىُّ ٱلۡقَيُّومُ‌ۚلَا تَأۡخُذُهُ ، سِنَةٌ۬ وَلَا نَوۡمٌ۬‌ۚ لَّهُ ، مَا فِى ٱلسَّمَـٰوَٲتِ وَمَا فِى ٱلۡأَرۡضِ‌ۗمَن ذَا ٱلَّذِى يَشۡفَعُ عِندَهُ ۥۤ إِلَّا بِإِذۡنِهِۦ‌ۚ يَعۡلَمُ مَا بَيۡنَ أَيۡدِيهِمۡ وَمَا خَلۡفَهُمۡ‌ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَىۡءٍ۬ مِّنۡ عِلۡمِهِۦۤ إِلَّا بِمَا شَآءَ‌ۚوَسِعَ كُرۡسِيُّهُ ٱلسَّمَـٰوَٲتِ وَٱلۡأَرۡضَ‌ۖوَلَا يَـُٔودُهُ ، حِفۡظُهُمَا‌ۚ وَهُوَ ٱلۡعَلِىُّ ٱلۡعَظِيمُ

Bismillahirrahmanirrahiim

Allahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyum. Laa ta’khudzuhuu sinatuw wa laa naum. Lahuu maa fis samaawaati wa maa fil ardh. Man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa bi idznih. Ya’lamu maa baina aidiihim wa maa khalfahum. Wa laa yuhiithuuna bi syai-im min ‘ilmihii illaa bi maa syaa-a. Wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardha wa laa ya-uuduhuu hifzhuhumaa Wahuwal ‘aliyyul ‘azhiim.

Artinya:

“Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya). Tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka. Dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya. Dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”

Demikianlah lafadz serta terjemahan dari Al-Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 255 atau yang biasa kita kenal dengan sebutan Ayat Kursi. Ayat tersebut diturunkan di Madinah pada suatu malam setelah peristiwa hijrah, dimana karena kemuliaan serta kebesaran firman Allah Ta’alaa tersebut hingga pada saat diturunkan beribu-ribu malaikat turut serta mengiringinya.

Wallahu ‘alam.

About admin

Check Also

Tak Ada Api di Neraka

Oleh : H Derajat Sahabatku, tentu kalian sudah mendengar tentang api neraka yang panasnya ribuan ...