Sunday , August 19 2018
Home / Ensiklopedia / Analisis / Berbagai Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan Tubuh
Amaranthaceae-Chenopodiaceae (buah bit), masih keluarga dengan sayuran lobak. (hellosehat.com)

Berbagai Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan Tubuh

Buah bit adalah tanaman yang berasal dari keluarga Amaranthaceae-Chenopodiaceae. Artinya, buah bit masih satu keluarga dengan sayuran lobak dan sayuran berakar lainnya. Umumnya, buah ini hanya digunakan akarnya saja yang terasa manis untuk obat kesehatan. Namun lama kelamaan, daging buah dan daunnya juga dikonsumsi.

Buah bit pertama kali dikonsumsi oleh masyarakat di Afrika ribuan tahun yang lalu. Akar buahnya yang begitu populer kemudian menyebar ke wilayah Asia dan Eropa. Lalu, orang-orang tersebut membudidayakan dan mengonsumsinya di daerah mereka.

Dari abad ke 16 hingga abad ke-19, buah bit digunakan untuk mendapatkan beberapa manfaat. Misalnya, jus daging buahnya digunakan sebagai pewarna makanan. Sementara kandungan gula pada buahnya digunakan sebagai pemanis campuran dalam makanan dan minuman. Terlebih, di sekitar abad ke-19, buah ini mulai digunakan sebagai salah satu campuran bahan untuk mengekstraksi dan memurnikan gula yang terbuat dari tebu.

Apa saja kandungan manfaat dan gizi dari buah bit?

Buah bit atau buah bit merah merupakan tanaman sejenis umbi yang berwarna ungu kemerahan. Bentuknya menyerupai kentang serta manfaat buah bit juga terdapat pada akar dan tangkainya. Biasanya buah bit dikonsumsi dengan cara dijus atau diolah lagi menjadi santapan dengan tekstur lembut.

Meskipun daunnya bisa dimasak untuk dijadikan sayur, buah bit lebih dikenal umbinya yang mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Buah bit mengandung tinggi karbohidrat namun kandungan lemak, kalori dan proteinnya sangat rendah.

Jadi sangat bagus dikonsumsi bagi yang sedang menjalani program diet. Kandungan betasianin (pigmen ungu) dan betasantin (pigmen kuning) yang terdapat pada buah bit inilah yang membuat warnanya menjadi merah gelap keunguan. Karena warnanya yang pekat ini, buah bit juga sering dipakai sebagai pewarna makanan alami.

Buah ini sering ditemukan di Amerika dan Inggris, tetapi jika Anda ingin membelinya bisa diperoleh di pasar swalayan. Yuk, simak segudang manfaat buah bit untuk tubuh pada penjelasan di bawah ini.

Gizi yang terkandung dalam buah bit

Di dalam buah bit dapat ditemukan sejumlah nutrisi berikut ini:

– Asam folat
– Kaliumen
– Serat
– Vitamin C
– Magnesium
– Zat besi
– Fosfor
– Triptofan
– Caumarin
– Betasianin

Manfaat buah bit untuk kesehatan

Jus buah bit (hellosehat.com)

 

1. Mengandung banyak antioksidan di dalamnya

Antioksidan adalah senyawa yang membantu menetralkan masuknya radikal bebas yang berbahaya di dalam tubuh. Antioksidan juga bisa mencegah terjadinya stres oksidatif dan merusak sel-sel baik di dalam tubuh Anda.

Selain itu  beberapa penelitian telah menemukan bahwa antioksidan dapat melindungi tubuh terhadap banyak jenis penyakit kronis, seperti penyakit jantung, kanker dan diabetes.

Manfaat buah bit secara alami juga terdapat pada tingginya kandungan fitonutrien untuk melawan penyakit, antioksidan, vitamin dan mineral. Bahkan, buah bit dianggap menjadi salah satu sumber buah yang mengandung jenis fitonutrien, yakni, betalain. Betalain baik untuk mencerahkan warna kulit. Ia juga mampu membantu melindungi beberapa perkembangan jenis kanker dan penyakit lainnya di tubuh Anda.

2. Detoks alami untuk tubuh (ginjal dan hati)

Tubuh sebenarnya dapat mengeluarkan racun (detoks) sendiri, hal ini terjadi secara alamiah untuk mencegah Anda keracunan. Pertama, ada organ detoks ginjal yang berfungsi menyaring darah dan menghasilkan air seni.

Lalu ada paru-paru yang berfungsi mengeluarkan karbon dioksida dari oksigen yang telah dihirup. Ada kulit yang berfungsi mendorong racun dan partikel berbahaya lainnya keluar melalui pori-pori. Selanjutnya ada hati  juga yang memainkan peran penting dalam detoksifikasi, yakni dengan membuang racun dan zat berbahaya lainnya dari darah.

Untuk mendorong tubuh mengeluarkan racun, buah bit mampu membantu beberapa organ tersebut, terutama ginjal dan hati, untuk tetap bekerja secara maksimal. Hal ini ditemukan dari penelitian di Polandia.

Penelitian ini menguji seekor tikus yang diberi buah bit, tikus tersebut sebelumnya memang sudah mengalami kerusakan pada sel-sel di tubuhnya. Setelah diberikan buah bit secara rutin, penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Phytotherapy Research menemukan bahwa tikus tersebut menjadi lebih sehat.

Hasil ini ditemukan pada tubuh tikus yang menunjukkan bahwa kadar enzimnya menjadi baik dan organ detoks di tubuhnya jadi maksimal bekerja membuang racun di tubuh karena konsumsi  buah bit. Jangan lupa juga konsumsi kombinasi jus bit, wortel dan ketimun, adalah salah satu cara terbaik untuk membersihkan ginjal dan hati dari racun yang tertimbun di kedua organ tersebut.

3. Dapat mencegah hipertensi

Telah terbukti secara nyata, minum jus dari umbi bit ini menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan nitratnya yang juga terdapat pada sayur berdaun hijau, menurunkan tekanan darah.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Barts and London School of Medicine dan juga Peninsula Medical School menyarankan cara murah ini untuk menurunkan hipertensi. Menurut Prof. Amrita Ahluwalia dari Barts & London School of Medicine, minum jus bit serta sayuran lain yang kaya akan kandungan nitrat akan memelihara kesehatan jantung.

4. Meningkatkan stamina, makanan idaman para atlet

Penelitian dari Universitas Exter di Inggris menyatakan, minum jus bit bisa membantu orang  yang berolahraga, biasanya untuk atlet, menjadi 16 persen lebih kuat dan berstamina karena kandungan nitratnya dapat mengurangi pembakaran oksigen dalam olahraga, sehingga rasa capek dapat berkurang.

Buah bit telah terbukti memiliki manfaat dari salah satu makanan atlet. Ini karena kandungan nitratnya telah terbukti membuat sel-sel lebih baik dalam menghasilkan energi dalam tubuh, sehingga dapat meningkatkan performa.

Selain itu, sebuah studi percobaan pada tahun 2011 menemukan bahwa mengonsumsi jus bit secara rutin dapat meningkatkan tenaga dan stamina seseorang menjadi 2,8 persen lebih banyak tenaganya.

Penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa suplemen nitrat, dapat mengurangi rasa lelah saat berolahraga serta bisa memperkuat latihan dengan intensitas tinggi, cocok untuk para atlet.

5. Mencegah anemia

Buah yang berwarna kemerahan ini sering dihubungkan dengan warna darah, sehingga dipakai untuk mengatasi masalah anemia. Sebenarnya yang mengatasi anemia adalah kandungan zat besinya yang cukup tinggi, yang mengaktifkan kembali dan meregenerasi sel darah merah serta menyuplai oksigen yang berguna bagi kesehatan sel-sel darah merah.

6. Mengurangi masalah pencernaan

Buah bit dapat mengatasi masalah pencernaan (shutterstock)

 

Buah bit merupakan buah kaya kandungan serat yang menyediakan 3,8 gram pada satu porsi cangkir buah bit. Kandungan serat berfungsi untuk membantu makanan bergerak melalui usus cerna. Serat juga bisa membantu melunakkan tinja, sehingga bisa membuat buang air besar atau BAB Anda nyaman, sehat, dan teratur.

Sebuah penelitian menemukan, bahwa asupan serat dalam buah bisa membuat tingkat BAB orang yang punya kondisi sembelit, atau susah buang air besar, jadi lancar. Namun, tidak hanya itu, penelitian lain juga menunjukkan bahwa asupan serat dari manfaat buah bit juga bermanfaat bagi kesehatan pencernaan dengan cara lain juga dan dapat melindungi kondisi seperti infeksi pada usus, wasir dan GERD atau asam lambung.

Bila Anda mengalami masalah pencernaan, rasa mual, nyeri, atau diare, bisa minum jus buah bit yang dicampur wortel dengan satu sendok makan jus lemon atau jeruk nipis. Minum jus bit yang dicampur dengan satu sendok makan madu di pagi hari sebelum sarapan akan membantu mengurangi kembung di perut.

7. Pas untuk yang ingin menurunkan berat badan

Selain mengandung banyak gizi, bit mengandung banyak kandungan serat namun rendah kalorinya. Ini merupakan sumber makanan yang bagus, jika Anda sedang menjalani program diet atau ingin menurunkan berat badan. Bahkan, setiap cangkir bit mengandung sebanyak 59 kalori dan 3,8 gram serat, atau setara dengan h 15 persen serat yang Anda butuhkan sepanjang hari.

Saat Anda mengonsumsi serat, serat akan bergerak lambat pada saluran pencernaan. Serat inilah yang membantu Anda untuk menahan rasa lapar dan bisa tetap kenyang. Menurut salah satu penelitian di Boston, asupan serat sebanyak 14 gram sehar dapat mengurangi asupan kaloiri harian sampai 10 persen, lho. Tak jarang juga, hasilnya berat badan Anda perlahan bisa menyusut sampai 4 pon selama 4 bulan jika rutin konsumsi buah bit dan makan makanan yang sehat.

8. Mengatasi masalah ketombe

Untuk mengatasi masalah ketombe pada rambut indah Anda, coba rebus buat bit dengan diberi sedikit, lalu dioleskan dan dipijat lembut ke kulit kepala. Biarkan semalaman dibungkus dengan handuk. Keesokan harinya, bilaslah dan keramasla.

9. Pewarna makanan alami

Kandungan betaninnya yang menghasilkan warna merah terang dapat dipakai untuk pewarna alami makanan, misalnya es krim, kue basah atau kue kering, dan jelly.

10. Pewarna rambut alami

Bila Anda akan mewarnai rambut  dengan bubuk henna, coba pilih warna hitam dan kemudian dicampur dengan jus akar bit merah. Hasilnya, rambut Anda akan hitam dengan gradasi burgundy dan alami. Lebih sehat dan tetap cantik alami.

Daun buah bit juga bermanfaat

Selain akar dan daging buahnya, ternyata daun buah bit juga bermanfaat dan bisa dikonsumsi, lho. Daun buah yang berwarna ungu kemerahan ini mengandung nutrisi penting seperti protein, fosfor, seng, serat, vitamin B6, magnesium, potasium, tembaga. Selain itu, daunnya juga sejumlah besar vitamin A, vitamin C, kalsium, dan zat besi.

Daun buah bit sebenarnya memiliki lebih banyak zat besi daripada kandungan zat besi di bayam (hijau berdaun lainnya dalam keluarga botani yang sama). Lalu, nilai gizinya juga lebih tinggi dibanding gizi di dalam akar ataupun di dalam daging buahnya itu sendiri. Berikut merupakan beberapa manfaat daunnya:

  • Bantu menangkal osteoporosis dengan meningkatkan kekuatan tulang
  • Melawan penyakit Alzheimer
  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda dengan merangsang produksi antibodi dan sel darah putih

Bagaimana cara memasak atau mengolah buah bit?

Camilan dari buah bit (eathismuch.com)

 

Ada banyak cara untuk memasak atau mengolah bit. Salah satunya bisa dimakan secara mentah, dimasukkan ke dalam tumisan atau resep masakan, atau bahkan dipanggang.

Bila Anda mengonsumsi bit metah-mentah, ia punya tekstur yang agak keras namun sedikit manis. Biasanya, orang menambahkan bit pada salad atau sebagai salah satu bahan campuran smoothies mereka. Dengan memakan buah bit mentah-mentah, Anda bisa mendapatkan nutrisi keseluruhan dari bit secara alami.

Selain dimakan mentah,  Anda juga bisa mencampurkan bit sebagai bahan-bahan lain pada racikan masakan Anda. Ketika Anda memasak bit, tekstur dagingnya akan menjadi lebih lembut dan sedikit lebih manis. Buah ini sering digunakan dengan keju atau menggunakan cuka balsamic.

Memanggang buah bit juga dapat memberikan sensasi manis yang lebih kuat. Karena kandungan gula pada buah bit yang dipanggang bisa menjadi cairan karamel asli langsung dari gula bit yang manis.

Selain dipanggang, bit juga bisa direbus atau dikukus. Penting untuk diperhatikan, bahwa memasak, memanggang, atau merebus buah bit terlalu lama dapat membuat beberapa kandungan gizi di dalamnya jadi menghilang. Baiknya, jangan masak sampai terlalu matang, masukkan bit pada saat masakan hampir siap matang

Ini berguna untuk mencegah oksidasi dan memaksimalkan nilai gizi bit Anda. Selain itu, pilihlah bit segar, atau bit yang telah dijaidkan acar untuk mendapatkan manfaat nutrisi maksimal.

Tetapi, perhatikan juga beberapa hal berikut sebelum mengonsumsi buah bit

Meskipun ada banyak manfaat bit, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengonsumsi bit. Meskipun jarang, beberapa orang mungkin alergi terhadap buah bit. Jika Anda mengalami gejala alergi makanan seperti gatal-gatal, gatal atau bengkak, hentikan penggunaan bit segera dan bicaralah dengan dokter Anda.

Selain itu, ingat bahwa bit adalah salah satu sayuran yang mengandung gula cukup tinggi. Mengonsumsi satu cangkir porsi bit dapat memberikan efek negatif pada kenaikan kadar gula darah. Maka itu, tak jarang karena kandungan gulanya yang tinggi, bit biasanya digunakan dalam produksi gula rafinasi, yang disebut “gula bit” atau “uap jus bit”.

Gula jenis ini mengalami proses kimia yang cukup tinggi dan bahkan bisa merusak atau menghilangkan kandungan nutrisi dari bit itu sendiri. Jadi penting untuk memperhatikan bit yang diolah dan dikonsumsi. Gula bit yang terbuat dari ekstrak bit juga sama berbahayanya dengan jenis gula halus lainnya, seperti gula tebu putih atau sirup jagung fruktosa tinggi.

Lalu bagaimana dengan bit yang diproduksi dalam kaleng? Bit kalengan dapat menjadi opsi yang baik jika bit segar tidak tersedia, tetapi penting untuk diingat bahwa bit tersebut hanya mengandung sedikit mikronutrien tertentu, termasuk folat dan kalium. Mereka mungkin juga lebih tinggi kandungan natriumnya. Tipsnya, bersihkan daging bit kalengan dengan air sebelum mengonsumsinya. Ini bertujuan untuk menghilangkan kandungan garam berlebih pada buah bit kaleng.

  • Oleh: Novita Joseph
  • Direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri – Dokter Umum.
  • Source: Hello Sehat

 

 

About admin

Check Also

Bahaya Laten Audit Dana Parpol yang Tak Maksimal

Dana parpol yang naik berkali-kali lipat harus dibarengi dengan audit yang makin ketat. Bukan hanya ...