Sunday , October 21 2018
Home / Relaksasi / Fakta / 26 Manfaat Daging Kambing Bagi Kesehatan

26 Manfaat Daging Kambing Bagi Kesehatan

Daging kambing, termasuk jenis daging merah yang paling sering dikonsumsi di dunia. Disamping memiliki rasa yang khas dan lezat, tahukah Anda bahwa daging kambing ternyata juga dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan?

Banyak mitos yang beredar bahwa konsumsi daging kambing tidak baik bagi kesehatan karena termasuk daging merah. Padahal pada faktanya daging kambing adalah daging rendah lemak yang sangat sehat untuk dikonsumsi. Jumlah kandungan lemak jenuh dalam daging kambing lebih kecil dari jumlah total lemak tak jenuh yang dikandungnya.

Karena kandungannya yang rendah lemak, rendah kolesterol, rendah kalori, dan rendah lemak jenuh menjadikannya sebagai daging pilihan yang sangat baik bagi mereka yang sadar akan kesehatan mereka. Bahkan, kandungan lemak dalam daging kambing 50% lebih rendah daripada daging sapi, dan kandungan lemak jenuhnya 40% lebih rendah daripada daging ayam. Hal itu membuat daging kambing sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

Mengonsumsi daging kambing dapat mengurangi risiko aterosklerosis dan penyakit jantung koroner. Selain bermanfaat bagi jantung, daging kambing juga membantu menguntungkan kadar kolesterol baik dalam darah yang dapat membantu mengurangi dan meringankan masalah peradangan.

Tabel Perbandingan Komposisi Nutrisi Daging
(Sumber: USDA Nutrient database)

 

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard University, menegaskan bahwa lemak tak jenuh dapat berkontribusi meningkatkan kadar kolesterol baik, menstabilkan detak jantung dan memberikan banyak manfaat kesehatan lainnya. Dengan demikian, nutrisi pada daging kambing adalah lebih unggul dari semua daging lainnya termasuk kalkun atau daging ayam.

Jadi selain ikan, daging kambing adalah daging terbaik untuk dikonsumsi. Namun tetap ingat, makan cukup adalah kuncinya. Kata Dr. Rizwan Thakur, “Satu orang dapat mengonsumsi 250 gram daging kambing dalam satu hari, dan masih memenuhi batas aman atas konsumsi kolesterol yang diijinkan untuk orang dengan kadar kolesterol tinggi yaitu 200 mg.”

Tidak semua daging merah berbahaya bagi kesehatan Anda. Daging kambing sangat bermanfaat bagi kesehatan asal tidak dikonsumsi secara berlebihan. Kambing adalah hewan pemamah biak, sehingga daging mereka adalah sumber yang baik akan asam linoleat terkonjugasi (CLA) – asam lemak yang dapat membantu mencegah kanker dan kondisi peradangan lainnya.

Daging kambing memiliki kandungan zat besi lebih tinggi daripada daging lainnya. Selain memberikan Anda sumber yang sangat baik dari protein dan zat besi, daging kambing juga memiliki tingkat yang lebih tinggi kalium dan kadar rendah natrium. Oleh karena itu daging kambing menjadi pilihan yang sehat bagi penderita hipertensi, jantung dan penyakit ginjal. Ia memiliki semua asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh bersama dengan kandungan kaya zat besi yang bermanfaat untuk mengatasi anemia.

Daging Kambing memuat semua nutrisi sehat yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah tinggi. Daging kambing mengandung vitamin B kompleks (B1, B2, B3, B9, B12), vitamin E, vitamin K, kolin, protein, lemak alami, betaine, kolesterol, asam amino, mineral (mangan, kalsium, zat besi, seng, tembaga, fosfor , selenium), elektrolit (natrium, kalium), Asam Lemak omega 3 dan Asam Lemak omega 6. Daging kambing adalah makanan yang sangat bergizi bagi kesehatan.

Daging Kambing Makanan Bergizi
Daging kambing, makanan bergizi kaya manfaat

 

Berikut ini adalah beberapa khasiat dan manfaat mengonsumsi daging kambing bagi kesehatan.

Khasiat dan Manfaat Daging Kambing Bagi Kesehatan

 

Manfaat Daging Kambing Untuk Jantung

1.  Rendah Kolesterol dan Lemak Jenuh

Daging kambing mengandung lemak jenuh dan kolesterol yang rendah, dan tinggi akan kandungan lemak tak jenuh sehingga aman bagi jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung dan masalah kronis lainnya.

2.  Menyeimbangkan Tingkat Kolesterol

Lemak tak jenuh ditemukan di dalamnya meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah, memberikan bantuan untuk mengatasi radang dan lain-lain.

3.  Membantu Jantung Tetap Sehat

Mengonsumsi daging kambing membantu dalam menjaga denyut jantung, mengurangi risiko aterosklerosis, dan penyakit jantung koroner.

Manfaat Daging Kambing untuk Mengendalikan Berat Badan

4.  Menjaga Tubuh Sehat dan Tetap Fit

Daging kambing penuh dengan protein yang mana sangat penting untuk membantu tubuh untuk memperbaiki diri sendiri. Protein yang ditemukan dalam daging kambing adalah bagian dari delapan asam amino yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh sendiri. Makanlah daging kambing karena itu sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh Anda serta memastikan bahwa Anda mendapatkan semua yang Anda butuhkan untuk tetap fit dan sehat.

5.  Mengurangi Risiko Obesitas

Daging kambing mengandung protein tanpa lemak dalam jumlah tinggi dan jumlah lemak jenuh yang sangat rendah. Protein yang ditemukan dalam daging kambing bertindak sebagai agen penekan lapar dan menjaga perut kenyang lebih lama, dengan demikian mengonsumsinya membuat berat badan tetap terkontrol dan dapat mengurangi risiko obesitas.

6.  Membantu Membakar Lemak

Daging kambing berisi banyak vitamin dan nutrisi dan mengandung vitamin B12 yang dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk membakar lemak.

Manfaat Daging Kambing selama Kehamilan

7.  Mencegah dari Anemia

Daging kambing bermanfaat bagi ibu hamil karena dapat membantu mencegah ibu dan bayi terkena anemia selama kehamilan, dengan meningkatkan kadar hemoglobin darah pada ibu dan meningkatkan suplai darah ke bayi karena mengandung jumlah yang tinggi akan zat besi (3 mg besi / 100g daging kambing ).

8.  Mengurangi Resiko Cacat Lahir

Memasukkan daging kambing ke dalam menu makanan selama kehamilan dipercaya mampu mengurangi risiko cacat lahir pada bayi, seperti cacat tabung saraf, dll

9.  Memelihara Sel Darah Merah

Kandungan vitamin B12 tingkat tinggi dalam daging kambing ikut berperan dalam pembentukan, perbaikan, serta menjaga kesehatan sel-sel darah merah.

Manfaat Daging Kambing untuk Kanker

10. Mengurangi Risiko Kanker

Daging kambing mengandung vitamin B kompleks, selenium dan kolin yang sangat bermanfaat untuk mencegah kanker.

Manfaat Daging Kambing untuk Pria

11. Menambah Kejantanan

Bagian torpedo dan empedu daging kambing dipercaya membantu dalam meningkatkan daya kemampuan seksualitas laki-laki.

Manfaat Daging Kambing untuk Wanita

12. Meredakan Nyeri Haid

Daging kambing membantu dalam pemulihan zat besi pada wanita saat menstruasi dan membantu meredakan nyeri haid.

Manfaat Daging Kambing untuk Kulit

13. Membuat Kulit Lebih Bercahaya dan Sehat

Karena kandungan vitamin B12 yang tinggi, daging kambing membantu membuat kulit Anda lebih sehat. Daging kambing memberikan nutrisi yang lebih baik untuk kulit dan membuatnya sehat, lembut, kenyal, bersinar dan halus.

14. Memberikan Bantuan dari Masalah Kulit

Daging kambing membantu mengatasi masalah kulit seperti psoriasis, eksim atau jerawat dan masalah lainnya oleh bergizi kulit.

15. Efektif untuk Kulit Kering

Daging kambing juga dapat mencegah dari kulit kering dan ruam dengan membuat kulit tetap lembut dan kenyal.

Manfaat Daging Kambing Lainnya

16. Mengurangi Risiko Banyak Penyakit

Mengonsumsi daging kambing mengurangi risiko infeksi, diabetes tipe 2 dan penyakit lainnya jika dimakan secara teratur dan dalam jumlah yang tepat.

17. Mengontrol Tekanan Darah, Mencegah Penyakit Ginjal dan Stroke

Kandungan tinggi kalium dan rendah sodium dalam daging kambing membantu mengontrol tekanan darah serta mencegah penyakit ginjal dan stroke.

18. Meningkatkan Metabolisme Energi

Daging kambing mengandung vitamin niasin yang terlibat dalam meningkatkan metabolisme energi.

19. Makanan sehat untuk tulang, gigi dan rambut

Daging kambing kaya akan kalsium, sehingga memberikan nutrisi yang lebih baik untuk tulang dan gigi. Daging kambing mencegah osteoporosis, nyeri sendi, sakit gigi dan rambut rontok.

20. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Daging kambing membantu dalam meningkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh dan mencegah dari berbagai infeksi.

21. Mencegah Penuaan Dini

Daging kambing membantu mencegah dari penuaan dini karena melindungi dari radikal bebas. Daging kambing meningkatkan produksi sel-sel baru, sehingga menunda penuaan.

22. Menjaga Fungsi Tiroid agar Tetap Sehat

Daging kambing membantu menjaga fungsi tiroid agar tetap sehat.

23. Menjaga Gula Darah tetap Terkontrol

Daging kambing menormalkan tingkat gula darah sehingga menjaga tingkat gula darah di bawah kontrol pada pasien diabetes.

24. Meningkatkan Perkembangan Otak

Mengonsumsi daging kambing dapat membantu meningkatkan kekuatan memori pada anak-anak dengan membantu dalam perkembangan otak yang tepat.

25. Mengurangi Stres dan Depresi

Kandungan Tinggi vitamin B12 dalam daging kambing membantu memerangi stress dan depresi.

26. Mencegah Autisme

Karena kaya asam lemak omega-3, daging kambing adalah pengobatan yang efektif untuk autisme.

Sumber: USDA Nutrient database
Sumber: USDA Nutrient database

 

Itulah tadi manfaat daging kambing bagi kesehatan. Ingatlah ketika membeli daging kambing untuk selalu memilih daging kambing organik karena mereka bebas dari semua polutan dan bahan berbahaya lainnya. Pilihlah daging kambing yang berwarna cerah, berbau baik dan segar. Semoga bermanfaat

Source: Khasiat Manfaat

About admin

Check Also

10 Alasan Anak Perlu Lepas dari “Gadget”

Asosiasi dokter anak Amerika Serikat dan Kanada menekankan perlunya anak usia 0-2 tahun sama sekali ...