Thursday , November 15 2018
Home / Ensiklopedia / Kesehatan / 25 Khasiat dan Manfaat Masker Kopi untuk Kecantikan, Jenis dan Cara Membuatnya

25 Khasiat dan Manfaat Masker Kopi untuk Kecantikan, Jenis dan Cara Membuatnya

Khasiat Masker KopiManfaat Masker Kopi sangat bagus untuk memutihkan dan mencerahkan kulit. Minuman kopi memang multifungsi, selain rasanya yang lezat, bagus pula untuk kosmetik perawatan kecantikan kulit dan wajah. Namun mesti pilih-pilih varian kopinya. Tidak semua jenis kopi bagus untuk wajah. Biasanya, kopi lokal seperti Kintamani dan Sidikalang jauh lebih baik, dibandingkan kopi saset produksi pabrikan.

Selain sebagai minuman, kopi ternyata sangat bermanfaat untuk menjaga kulit kita tetap cerah, lembut dan bersih. Kopi bisa digunakan sebagai masker kopi dengan memanfaatkan bubuk atau ampas kopinya. Jika jenis masker kopi digunakan rutin, hasil yang maksimal bisa diperoleh lho. Daripada menggunakan masker yang kimia, harganya lebih mahal dan bisa menimbulkan efek samping karena ketidakcocokan kulit dengan bahan kimianya. Lebih baik menggunakan masker kopi yang harganya jauh lebih murah dan tidak menimbulkan efek samping yang membahayakan.

Fakta Sosial dan Sejarah Kopi

Kedai kopi bertebaran di seluruh pelosok jalan. Mulai dari jenis kopi saset yang harganya ekonomis sampai kopi yang harganya mencekik kantong. Varian harga kopi memang beragam, mulai dari 3 ribu rupiah sampai 50 ribu rupiah. Bahkan saat ini kopi sudah menjadi lifestyle. Orang-orang gemar meminum kopi, sambil nongkrong dengan teman-teman dan berburu wifi. Tidak heran jika sekarang banyak orang membuka bisnis kedai kopi atau menjual kopi dari berbagai daerah. Namun, sebenarnya kopi punya khasiat yang lain. Selain lifestyle ternyata kopi bisa dimanfaatkan sebagai masker untuk melembutkan, menghaluskan, serta melembabkan kulit lho.

Sebelum membahas khasiat kopi, kita perlu mengetahui bagaimana asal usul dan sejarah kopi itu sendiri. Pada abad ke-9 sejarah kopi sudah dicatat. Kopi ditemukan pertama kali di Ethiopia. Biji-bijiannya yang asli ditanam oleh orang Ethiophia di dataran tinggi. Namun, saat bangsa Arab meluaskan perdagangan, biji kopi mulai tersebar hingga ke Afrika. Kemudian ditanam secara massal juga di Afrika. Lama-kelamaan biji kopi mulai tersebar hingga ke Asia dan Eropa. Bahkan mulai terkenal sebagai minuman. Biji kopi yang cukup terkenal saat ini ada Arabica dan Robusta. Bahkan beberapa biji kopi lokal Indonesia sudah terkenal mendunia, diantaranya ada Kopi Sumatera (sidikalang dan silintong), Kopi Jawa (jawa arabika), Kopi Bali Kintamani, Kopi Aceh Gayo, Kopi Sulawesi (kopi toraja).

Khasiat dan Manfaat Masker Kopi

1. Menghaluskan Kulit

Masker kopi sangat ampuh untuk menghaluskan kulit. Kopi memang berkhasiat sebagai pelembut kulit alami. Asalkan yang dipakai untuk masker kopi berasal dari kopi murni. Kandungan kafein yang ada pada kopi bisa menghaluskan kulit. Ternyata manfaatnya tidak hanya saat diminum lho.

2. Melembabkan Kulit

Bagi yang memiliki jenis kulit kering, cocok banget jika menggunakan masker kopi. Karena masker kopi ini bisa melembabkan kulit, sehingga kulit tidak lagi kering. Namun penggunaannya harus rutin lho jika ingin mencapai hasil yang maksimal. Anti oksidan dan air menyatu pada masker dan menyerap pada kulit sehingga bisa melembabkan kulit.

3. Mengencangkan Kulit

Tentunya kita tidak ingin terlihat tua di mata orang lain, namun karena tingkat stress yang tinggi bisa menyebabkan kemunculan garis garis halus atau kerutan pada wajah. Hal ini merupakan bentuk gejala penuaan dini. Dengan memakai masker kopi, gejala penuaan dini bisa diminimalisir. Jika rutin menggunakan masker kopi, maka kerutan pada wajah bisa memudar secara perlahan. Lagi-lagi kafein sangat bermanfaat bagi kulit.

4. Sebagai Antioksidan

Kopi sangat bermanfaat sebagai antioksidan karena kandungan antioksidan yang sangat melimpah dalam kopi. Sifat antioksidan dalam kopi jauh lebiht inggi dripada sayur dan buah. Namun, tentunya harus bubuk kopi yang asli. Kopi sangat berkhasiat untuk mengatasi masalah kulit akibat sinar UV dan radikal bebas. Radiasi yang berbahaya dapat menyerang kapan saja pada kulit. Tapi kopi bisa menangkalnya secara alami.

5. Solusi Menghilangkan Lingkaran Hitam Bawah Mata

Orang-orang yang pekerja keras biasanya enggan beristirahat sebelum pekerjaan selesai. Hal ini menyebabkan mereka kurang tidur. Efek dari kurang tidur ini menyebabkan hadirnya lingkaran hitam  di  bawah mata. Meskipun ini bisa ditutupi oleh concealer tetapi tetap saja membuat penampilan jadi tidak percaya diri. Nah, masker kopi bisa membantu menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata. Pemakaian yang teratur sangat dianjurkan, terutama saat sebelum tidur.

6. Memudarkan Noda Hitam

Noda hitam menjadi musuh nomer 2 dalam permasalahan kulit setelah jerawat. Biasanya, noda hitam jika sangat terlihat bisa membuat penampilan jadi tidak percaya diri. Noda hitam biasanya muncul pada kulit  yang mudah berjerawat. Untuk menghillangkan jejak noda hitam, cukup dengan rutin menggunakan  masker kopi. Sebagai eksfoliator, noda-noda hitam membandel bisa mudah dihilangkan dengan bubuk kopi.

7. Menghilangkan Jerawat

Jerawat menjadi musuh nomer satu dalam masalah kulit. Jerawat bisa hilang cukup dengan menggunakan masker kopi. Separah apapun jerawat menempel di wajah, jika rutin memakai masker kopi, maka hasilnya bisa sangat maksimal. Jerawat pergi dan enggan datang lagi.

8. Menghilangkan Komedo

Komedo juga menjadi salah satu musuh dalam masalah kulit. Masalah komedo sering muncul kapan saja dan dimana saja. Namun komedo paling sering muncul di bagian hidung dan bawah bibir. Kandungan minyak yang berlebih pada wajah bisa menyebabkan kemunculan komedo di wajah. Maka, solusi paling tepat ialah menggunakan masker kopi secararutin di bagian yang ada komedonya. Hasil yang memuaskan bisa Anda peroleh dari khasiat masker kopi.

9. Memperkecil Pori-Pori Kulit

Pori-pori kulit yang membesar menjadi penyebab utama munculnya jerawat dan komedo. Maka, Anda perlu mengecilkan pori-pori pada wajah supaya jerawat dan komedo tidak muncul lagi. Dengan masker kopi ini, pori-pori Anda bisa mengecil. Karena minyak yang berlebih dan kotoran  bisa menyumbat pori-pori wajah Anda.

10. Sebagai Eksfoliator

Eksfoliasi wajah sangat diperlukan untuk membuat sel-sel kulit mati mengelupas. Bubuk kopi murni bisa dijadikan sebagai scrub atau masker yang akan membantu kuli tmengelupas. Kulit yang mengelupas ini menandakan sel-sel kulit mati telah diangkat dan akan ada sel-sel kulit baru yang akan muncul. Maka kulit wajah Anda akan menjadi halus, lembut, segar, bersih dan selalu lembab.

11. Merevitalisasi Kulit

Tak hanya pejabat politik yang perlu revitalisasi, kulit wajah juga membutuhkan revitalisasi. Kopi merupakan bahan yang tepat untuk membantu kulit wajah Anda merevitalisasi. Pemakaian diiringi dengan pijatan di bagian wajah.

12. Mengurangi Resiko Kanker Kulit

Karena kandungan antioksidannya, sudah pasti kopi mampu mencegah penyakit kanker kulit. Kopi mampu menurunkan potensi Anda terkena kanker kulit. Kopi memberikan perlindungan pada kulit dengan menghambat enzim protein tertentu sehingga resiko pertumbuhan kanker dapat berkurang. Maka masker kopi sangat baikuntuk kulit Anda.

Jenis Masker Kopi, Cara Membuat dan Cara Menggunakan

1. Masker Ampas Kopi Untuk Kulit Normal

Masker ampas kopi sangat ampuh untuk wajah Anda. Ampas kopi dapat membuat kulit Anda jauh lebih segar dan mengangkat sel kulit mati. Cara penggunaannya :

  • Siapkan masker kopi dari ampas kopi
  • Bersihkan wajah dari debu yang menempel pada wajah
  • Gunakan ampas kopi pada wajah dan pijat secara perlahan
  • Diamkan selama 10 menit kemudian bilas dengan air bersih
  • Lakukan secara rutin setiap hari sebelum tidur untuk hasil maksimal

2. Masker Kopi dan Kunyit Untuk Kulit Normal

Campuran masker kopi dan kunyit dapat membuat kulit tampak lebih cerah dan bersinar. Kunyit sudah sejak lama dipercaya untuk merawat kulit. Cara penggunaannya :

  • Siapkan kunyit dan bubuk kopi
  • Haluskan kunyit hingga menjadi bubuk
  • Campurkan bubuk kopi serta kunyit dengan diberi tambahan madu
  • Oleskan di wajah secara merata dan diamkan hingga kering
  • Lakukan selama 3 hingga 4 kali dalam seminggu untuk hasil maksimal

3. Masker Kopi dan Bengkoang Untuk Kulit Normal

Kopi dan bengkoang merupakan paduan yang sangat baik. Meskipun kulit normal tetap harus menjaga kulit tetap bersih dan bersinar dengan menggunakan masker kopi dan bengkoang. Cara penggunaannya :

  • Siapkan bengkoang yang sudah dikupas
  • Siapkan bubuk kopi
  • Haluskan bengkoang sampai halus dan campur dengan bubuk kopi serta perasan lemon
  • Oleskan pada wajah secara merata dan diamkan selama 15 menit
  • Bilas dengan air dingin
  • Lakukan secara rutin selama 2-3 kali dalam seminggu untuk hasil maksimal

4. Masker Kopi dan Putih Telur Untuk Kulit Berminyak

Kulit berminyak akan sangat rentan dengan jerawat, maka menjaga kulit Anda dengan masker kopi dan putih telur sangat cocok untuk dilakukan. Putih telur dapat membantu mengatasi masalah minyak berlebih pada wajah Anda. Apalagi bila dilakukan dengan memadukan masker kopi. Maka hasil yang sempurna akan ada di depan mata Anda. Cara penggunaannya :

  • Siapkan kopi bubuk
  • Siapkan telur, pecahkan tapi ambil putih telurnya saja
  • Campur kopi bubuk dan putih telur
  • Oleskan pada wajah secara merata
  • Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air dingin
  • Lakukan secara rutin 2-3 kali dalam seminggu untuk hasil maksimal

5. Masker Kopi dan Lemon Untuk Kulit Berminyak

Lemon mengandung banyak vitamin C yang dapat membantu mencerahkan kulit wajah Anda. Selain itu, sifat asam pada lemon juga dapat membantu masalah kulit berminyak. Paduan antara masker kopi dan lemon sangat cocok untuk mengatasi masalah kulit berminyak. Cara penggunaannya :

  • Siapkan lemon dan peras lemon
  • Ambil air perasan lemon
  • Campurkan bubuk kopi pada air perasan lemon
  • Gunakan pada wajah dan pijat secara perlahan selama 15 menit
  • Bilas dengan air dingin
  • Lakukan selama 2-3 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal

6. Masker Kopi dan Lidah Buaya Untuk Kulit Berminyak

Lidah buaya merupakan tumbuhan yang sangat bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan. Meskipun lebih banyak dipakai untuk rambut, tetapi lidah buaya juga berkhasiat untuk dijadikan masker yang dipadukan dengan kopi. Paduan kopi dan lidah buaya ini tentunya dapat mengatasi masalah kulit berminyak pada wajah Anda. Cara penggunaannya :

  • Ambil gel yang ada pada lidah buaya
  • Campurkan gel lidah buaya dengan bubuk kopi
  • Oleskan secara merata pada wajah Anda
  • Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air bersih
  • Lakukan selama 2-3 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal

7. Masker Kopi dan Tomat Untuk Kulit Berminyak

Tomat banyak mengandung vitamin C dan memiliki kadar antioksidan yang tinggi. Tomat sangat cocok untuk mengatasi masalah kulit berminyak. Apalagi dipadukan dengan kopi maka akan lebih ampuh untuk mengatasi masalah kulit berminyak. Cara penggunaannya :

  • Cuci tomat hingga bersih
  • Hancurkan hingga halus
  • Campurkan tomat dengan bubuk kopi
  • Oleskan pada wajah dan diamkan hingga 15 menit
  • Bilas dengan air bersih
  • Lakukan selama 2-3 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal

8. Masker Kopi dan Pisang Untuk Kulit Berminyak

Pisang sangat banyak manfaatnya untuk Anda. Tidak hanya bermanfaat untuk diet, tapi pisang juga bermanfaat untuk kulit. Masker kopi yang dicampurkan dengan pisang ampuh untuk mengatasi kulit berminyak. Cara penggunaannya :

  • Bersihkan pisang dan kupas kulitnya
  • Lembutkan pisang hingga halus
  • Campurkan pisang yang sudah halus dengan bubuk kopi hingga menyatu
  • Oleskan pada wajah secara merata
  • Lakukan selama 3-4 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal

9. Masker Kopi dan Minyak Zaitun Untuk Kulit Berjerawat

Minyak zaitun mengandung banyak antioksidan dan asam lemak yang sangat bagus untuk kulit. Minyak zaitun sangat cocok untuk mengatasi masalah kulit berjerawat. Apalagi jika dipadukan dengan kopi, maka hasilnya akan lebih maksimal. Cara penggunaannya :

  • Siamkan 3 sdm minyak zaitun serta bubuk kopi
  • Campurkan minyak zaitun dan bubuk kopi
  • Oleskan pada wajah secara merata
  • Diamkan selama 15 menit
  • Lakukan sebanyak 2-3 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal

10. Masker Kopi dan Yogurt Untuk Kulit Berjerawat

Yogurt merupakan minuman yang bagus untuk pencernaan. Tapi yogurt juga ternyata sangat bagus untuk mengatasi masalah kulit berjerawat karena kandungan asam yang tinggi. Apalagi jika dipadukan dengan kopi, maka hasilnya akan lebih maksimal. Cara penggunaannya :

  • Siapkan yogurt dan bubuk kopi
  • Campurkan kedua bahan tersebut hingga menyatu
  • Oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit
  • Bilas dengan air dingin
  • Lakukan sebanyak 2 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal

11. Masker Kopi dan Air Teh Untuk Kulit Berjerawat

Air teh selain cocok untuk dinikmati ternyata juga cocok untuk mengatasi kulit berjerawat. Anti oksidan yang ada di dalam kandungan teh mampu menyingkirkan jerawat dari wajah Anda. Apalagi jika dipadukan dengan masker kopi, maka hasilnya akan lebih maksimal. Cara penggunaannya :

  • Siapkan air teh segar dan bubuk kopi
  • Campur kopi dan air teh lalu aduk hingga rata
  • Oleskan pada wajah hingga merata lalu bilas dengan air bersih
  • lakukan sebanyak 3 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal

12. Masker Kopi dan Alpukat Untuk Kulit Berjerawat

Alpukat adalah buah yang banyak mengandung vitamin. Selain enak untuk dimakan, alpukat ternyata berkhasiat untuk mengatasi masalah jerawat. Apalagi jika dipadukan dengan kopi, maka hasilnya akan lebih maksimal. Cara penggunaannya :

  • Siapkan alpukat dan bubuk kopi
  • kupas kulit alpukat dan hancurkan dagingnya
  • Campurkan alpukat dan bubuk kopi dengan diberi tambahan madu
  • Oleskan pada wajah secara merata
  • Diamkan selama 10 mennit
  • Bilas dengan air bersih
  • Lakukan sebanyak 2 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal

13. Masker Kopi dan Air Mawar Untuk Kulit Berjerawat

Air mawar membuat kulit lebih lembab dan mampu mengatasi masalah kulit berjerawat. Apalagi dipadukan dengan kopi untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Cara penggunaannya :

  • Siapkan air mawar dan bubuk kopi
  • Campurkan kopi dan air mawar hingga merata
  • Balurkan pada wajah dan diamkan 20 menit
  • Bilas dengan air bersih
  • Lakukan sebanyak 2 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

Tidak ada jalan lain mendapatkan kulit yang sehat dan cantik selain dengan perawatan yang tekun dan simultan. Untuk itu, supaya manfaat masker kopi ini didapatkan dengan maksimal, lakukanlah dengan sabar dan rutin. Apalagi penggunaan kopi sebagai bahan alami, tentunya membutuhkan proses lebih lama dibandingkan masker yang terbuat dari bahan sintetis.

Source: Khasiat.Id

About admin

Check Also

Buah Okra, Solusi Diabetes Ampuh Turunkan Kadar Gula Darah

Buah okra adalah termasuk jenis buah sayuran yang sangat sehat untuk dikonsumsi walaupun di negara ...