Sunday , December 17 2017
Home / Ensiklopedia / Kesehatan / 12 Manfaat Air Tajin Bagi Kesehatan Tubuh

12 Manfaat Air Tajin Bagi Kesehatan Tubuh

Pernahkah mengkonsumsi air tajin? Atau bahkan ada yang belum tau apa itu air tajin? Air tajin merupakan air yang diperoleh dari rebusan beras, yang berwarna putih seperti susu dan memiliki banyak nutrisi. Banyak orang tua memanfaatkan tajin untuk memberikannya pada bayi. Karena memang air tajin merupakan salah satu air yang dapat dengan mudah dicerna oleh bayi.

Selain bayi, banyak orang yang sudah tua maupun dewasa juga mengkonsumsi air tajin. Air tajin ini memiliki rasa yang gurih dan beberapa orang biasanya menambahkan gula jawa agar tajin memiliki rasa yang manis dan gurih. Banyak orang mengkonsumsi air tajin hanya sebatas karena rasanya yang gurih saja, tanpa mengetahui manfaat air tajin itu sendiri.

Khasiat Mengkonsumsi Air Tajin

Air tajin bisa diperoleh baik dari beras biasa maupun dari beras merah. Namun keduanya tetap memiliki khasiat yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Berikut khasiat mengkonsumsi air tajin bagi tubuh :

1. Meningkatkan energi

Kandungan karbohidrat yang sangat tinggi. Kandungan karbohidrat yang terdapat di dalam tajin ini sangat diperlukan sebagai salah satu sumber energi bagi tubuh. Mengkonsumsi air tajin untuk menambah energi ini aman karena terbuat dari bahan alami dan tidak terkontaminasi oleh zat kimia seperti minuman penambah energi lainnya yang dijual dipasaran. Air tajin dapat dikonsumsi mulai dari bayi dan segala umur. Dapat dikonsumsi sebelum melakukan segala aktivitas, sehingga dapat dijadikan bahan cadangan energi ketika melakukan kegiatan.

2. Mencegah timbulnya penyakit kanker

Sebagai salah satu penyakit yang sangat berbahaya, kanker merupakan penyakit yang memang harus dimusnahkan. Ahli pengobatan mencari obat kanker baru baik secara kimia maupun alami.Karena berbahayanya penyakit ini, kanker harus dihindari dan sebisa mungkin untuk tetap menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari timbulnya penyait kanker. Mengkonsumsi air tajin secara rutin bisa jadi salah satu alternatif untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, sari beras yang terkandung di dalam tajin bermanfaat untuk mencegah munculnya sel kanker dalam organ tubuh.

3. Mengatasi masalah pencernaan

Air tajin dapat mengatasi masalah pencernaan seperti maag dan juga sembelit. Penyakit maag atau disebut juga gastroentritis disebabakan karena produksi asam lambung yang berlebih. Air tajin dipercaya dapat menetralkan asam lambung. Sehingga dengan mengkonsumsi air tajin. Masalah lambung seperti maag dapat diatasi. Selain maag, tajin juga dapat mengatasi penyakit pencernaan lain yakni sembelit.

Selain gangguan pencernaan seperti sembelit dan maag, air tajin juga dapat mengobati diare. Air tajin dapat bekerja sebagai elektrolit dan efektif untuk membantu menyembuhkan diare. Bahkan beberapa penelitian menyatakan bahwa air tajin ini lebih efektif dalam menyembuhkan diare dibandingkan dengan larutan elektrolit yang biasa digunakan untuk obat diare.

4. Mengatasi penyakit panas dalam

Panas dalam merupakan salah satu penyakit ringan tetapi sangat mengganggu aktivitas ketika sedang makan dan menambah energi. Panas dalam dapat diaasi dengan mengkonsumsi air tajin secara rutin. Salah satu penyakit yang ditimbulkan oleh panas dalam yakni sariawan. Sariawan memang bukan penyakit berbahaya dan mematikan, namun menderita penyakit sariawan sangat mengganggu terlebih ketika sedang makan. Nafsu makan menjadi berkurang, sehingga badan dapat menjadi lemas dan kurang bertenaga. Apabila menderita sariawan, harus segera diobati agar tidak timbul masalah kesehatan lainnya. mengkonsumsi sir tajin dipercaya dapat meringankan sariawan. Apabila sariawan sembuh, maka aktivitas dan nafsu makan dapat menjadi normal.

5. Mencegah terjadinya pikun/alzheimer

Penyakit pikun atau juga dikenal dengan istilah alzheimer, merupakan salah satu penyakit yang diderita oleh orang yang sudah lanjut usia. Pikun disebabkan karena berkurangnya kesehatan otak dan terganggunya syaraf-syaraf otak, selain itu, dapat disebabkan juga karena kurangnya melatih aktivitas otak. Dengan memberikan nutrisi seperti air tajin, masalah pikun dapat sedikit teratasi. Nutrisi dalam air tajin memiliki peran dalam mengembangkan neurotransmitter sehingga dapat mencegah terjadinya pikun atau alzheimer. Sebaiknya bagi penderita pikun mengkonsumsi air tajin di pagi hari beserta melatih aktivitas otak secara seimbang agar tidak mudah pikun.

6. Meningkatkan kesehatan kulit wajah

Air  tajin selain dikonsumsi juga dapat dimanfaatkan dengan cara yang berbeda. Selain untuk menjaga kesehatan tubuh bagian dalam, air tajin juga dapa dimanfaatkan untuk menajaga kesehatan dan kehalusan kulit. Air tajin dipercaya dapat melembutkan kulit wajah, caranya dengan memanfaatkannya sebagai masker. Dengan menambahkan sedikit madu pada tajin, kemudian mengguanakannya sebagai masker, air tajin dapat membuat wajah menjadi bersih dan halus. Selain itu, dengan menggunakan masker tajin dicampur dengan madu wajah dapat menjadi lebih cerah. Apabila ingin mendapatkan kulit yang sehat dan putih dengan masker tajin, akan lebih efektif apabila menggunakan air tajin yang diperoleh dari rebusan beras merah.

7. Melindungi kulit dari sinar matahari

Setiap orang terlebih wanita pastinya ingin menjaga kesehatan kulit dari ujung kaki hingga ujung kepala. Semua bagian kulit akan dirawat dan mendapatkan kulit mulus alami. salah satu dengan manjaga kulit dari sengatan sinar matahari yang dapat membuat kulit tampak lebih hitam, dan bahkan da yang sampai alergi dengan paparan sinar matahari karena memiliki kulit yang sensitif. Apabila kulit sentitif terkena sinar matahari, dapat disembuhkan dengan mengoleskan air tajin pada kulit yang iritasi pada sinar matahari. Mengoleskan kulit yang terbakar karena sinar matahari ini akan lebih efektif apabila mengolskannya secara rutin dan teratur, sehingga kulit dapat lebih cepat sembuh dan mulus kembali.

8. Mencerahkan bibir

Setiap wanita tentunya mendambakan seluruh bagian tubuh yang sempurna, kulit mulus, badan langsing dan bibir yang cerah. Beberapa wanita memiliki bibir yang tampak lebih gelap, disebabkan oleh faktor keturunan, polusi, menggunakan obat obatan dan faktor lainnya. untuk mendapatkan bibir yang lebih cerah, dapat mengoleskan air tajin pada bibir secara rutin. Apabila warna bibir menjadi cerah, wajah menajdi lebih cantik dan rasa percaya diri akan meningkat. Sehingga tidak ada hal apapun yang dapat menghalangi aktivitas wanita disebabkan karena kurang percaya diri yang disebabkan karena penampilan yang kurang mendung dalam melakukan seluruh kegiatan.

9. Meningkatkan Kesehatan Jantung dan menjaga kadar kolesterol

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit berbahaya yang banyak diderita oleh masyarakat luas. Apabila terjadi serangan jantung harus segera mendapatkan penanganan yang cepat agar tidak berujung pada kematian. Air tajin, terutama yang berasal dari beras merah merupakan salah satu alternatif pengobatan yang dapat dilakukan oleh penderita penyakit jantung. Air tajin beras merah dipercaya dapat meningkatkan kesehatan jantung karena banyak mengandung vitamin E dan magnesium. Vitamin E dan magnesium yang terkandung dalam air tajin inilah yang dapat menjaga kesehatan jantung. Jantung menjadi sehat dan timbulnya serangan jantung dapat di minimalisir karena memiliki jantung yang sehat.

Selain itu, air tajin juga dapat menjaga kadar kolestreol yang ada di dalam tubuh. Mengkonsumsi air tajin secar rutin dapat menjaga kadar kolesterol darah dalam tubuh, serta tidak memiliki efek samping sehingga tidak berbahaya bagi kesehatan organ tubuh lainnya. Air tajin terutama pada beras merah mengandung banyak zat yang penting yang sangat diperlukan oleh tubuh, kecuali laktosa. Sehingga dengan mengkonsumsinya dapat meningkakan kesehatan.

10. Mengurangi obesitas

Air tajin yang berasal dari beras merah memiliki kandungan yang rendah kalori dan mengandung banyak nutrisi yang baik untuk menjaga agar tubuh tetap sehat. Karena kandungan yang rendah kalori, maka air tajin beras merah ini tidak dapat menyebabkan kegemukan. Malahan, air tajin beras merah dapat digunakan sebagai salah satu minuman tang dapat digunakan untuk program diet. Air tajin beras merah dapat menurunkan berat badan secara berkala dan mencegah terjadi obesitas.

11. Melengkapi nutrisi bayi

Sebelum maraknya susu formula bayi dan makanan bayi lainnya, masyarakat menggunakan air tajin untuk melengkapi nutrisi bayi. Karena kandungan yang mudah dicerna oleh bayi, air tajin ini dapat dikonsumsi rutin oleh bayi dan melengkapi nutrisinya. Air tajin dapat menggantikan peran susu formula seperti yang dilakukan oleh masyarakat pada jaman dahulu. Selain masyarakat jaman dulu, bahkan beberapa masyarakat desa masih menggunakan air tajin untuk melengkapi nutrisi bayi selain menggunakan susu formula.

12. Mengobati Infeksi Viral

Mengkonsum air tajin dapat mengobati penyakit yang disebabkan karena terjadinya infeksi virus. Selain itu, air tajin juga dapat mengobati demam. Apabila menderita demam,air tajin dapat dikonsumsi sebagai salah satu minuman yang dapat mengembalikan nutrisi yang hilang. Mengkonsumsi satu gelas air tajin dapat mempercepat proses penyembuhan penderita demam.

Demikian manfaat yang dapat diperoleh ketika mengkonsumsi air tajin. Banyak manfaat yang dapat diperoleh dan tanpa efek samping, karena ir tajin ini merupakan racikan alami yang tidak mengandung bahan kimia. Mungkin dapat dicoba dirumah bagi yang belum pernah mengkonsumsi air tajin.

Fakta dan Mitos Air Tajin Untuk Bayi

RayshakaSaat ini banyak orang tua yang memberikan air tajin untuk bayi sebagai pengganti ASI selama belum lancar, bisa juga sembari meminum obat guna memperlancar ASI.

Telah banyak penelitian dan riset yang telah dilakukan para pakar yang menunjukkan bahwa ASI adalah makanan bayi yang paling ideal untuk menunjang kesehatan dan kecerdasan bayi. Pun pemberian air tajin pada bayi tidak bisa menggantikan kehadiran ASI.

Bahkan dibandingkan dengan susu formula yang dibawah ASI pun, air tajin masih kalah jauh dalam hal kandungan gizi dan nutrisi susu formula.

Untuk bayi hendaknya tetap diberi ASI tanpa tambahan makanan/minuman apapun selama 6 bulan, dikarenakan sistem pencernaan bayi sangat terbatas dan terlalu lemah. Jadi kesampingkan niat kamu untuk memberikan air tajin untuk bayi sebagai pengganti konsumsi susu apalagi sebagai pengganti ASI.

Air tajin hanya diberikan pada bayi diatas umur 6 bulan. Itupun tidak bisa serta menggantikan susu formula maupun ASI. Pemberian air tajin pada bayi haruslah terbatas, jika berlebihan akan menyebabkan obesitas pada bayi, ini karena air tajin banyak mengandung karbohidrat.

Air tajin bisa diberikan kepada bayi yang sangat kurus. Pemberian air tajin kepada bayi diberikan dengan mencampurkan air tajin dengan makanan/bubur yang biasa diberiikan kepada si bayi. Dapat diberikan setiap 3 kali dalam satu minggu, lakukan terus sampai berat badan bayi menjadi normal, dan kurangi pemberian air tajin jika bayi sudah mempunyai berat badan ideal.

Pada intinya air tajin bisa diberikan kepada balita diatas 6 bulan, dan hanya sebagi tambahan tidak menjadi makanan pokok bagi si kecil. Air tajin juga diberikan kepada si kecil apabila mengalami dehidrasi, karena air tajin ini mudah diserap tubuh.

Source: Manfaat.Co.Id

About admin

Check Also

26 Manfaat Daging Kambing Bagi Kesehatan

Daging kambing, termasuk jenis daging merah yang paling sering dikonsumsi di dunia. Disamping memiliki rasa yang ...